Meriah! Gowes Sadar Lingkungan Diwarnai Aksi Tanam 100 Bibit Mangrove di Nguling

1341

Nguling (WartaBromo.com)Event Gowes Sadar Lingkungan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Minggu (26/01/2020), berlangsung meriah. Acara ini juga diwarnai aksi tanam 100 bibit mangrove.

Event yang didukung Pemkab Pasuruan bekerjasama dengan Sampoerna untuk Indonesia ini berhasil menarik ribuan pemancal. Tercatat Ada 1.400 peserta yang berpartisipasi pada gowes kali ini. Mereka berasal dari macam-macam daerah di Jawa Timur.

Acara gowes dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Start/finish berada di Lapangan Nguling. Para gowesser melintasi 5 desa. Yakni, Sudimulyo, Randuati, Kedawang, Mlaten, dan Penunggul.

SAMBUTAN: Bupati HM Irsyad Yusuf memberikan sambutan dan menyemangati peserta gowes.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf beserta istri juga turut mancal bareng ribuan peserta. Tak lupa, ia mengajak pula jajaran Forkopimda Pasuruan memeriahkan acara ini.

Baca Juga :   Umat Islam Diimbau Sholat Kusuf saat Gerhana Matahari Cincin

Di Desa Penunggul, panitia telah menyediakan 100 bibit mangrove untuk ditanam bareng. Eksistensi mangrove begitu penting, mengingat fungsinya mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan.

“Mari sama-sama kita cintai lingkungan. Mari sama-sama kita cintai desa kita,” ujar istri Bupati Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf saat ikut menanam bibit mangrove didampingi Manager External Corcom PT. HM Sampoerna Rya Octara.

BUDAYA MENANAM: Hj.Lulis Irsyad Yusuf (tengah) bersama Rya Octara, Manager External Corcom PT.HM Sampoerna dari Jakarta saat melakukan penanaman bibit mangrove.

Selain tanam bibit mangrove, panitia juga menginisiasi peserta agar selama perjalanan mancal berlomba-lomba mengumpulkan puntung rokok. Puntung rokok itu pun ditimbang di garis finish, dan peserta yang paling banyak mengumpulkan puntung rokok mendapat hadiah.

PENGHARGAAN: Bupati Irsyad memberikan piagam penghargaan kepada PT HM Sampoerna yang diterima Kukuh Dwi Kristianto, Manager Regional Relation & CSR disaksikan Kapolresta AKBP Dony Alexander, Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim dan ketua PWI Pasuruan, Djoko Haryanto.

Di garis finish panitia gowes telah menyiapkan puluhan hadiah undian doorprize bagi peserta yang beruntung. Kupon-kupon yang diperoleh peserta diundi di akhir acara dengan diiringi hiburan musik dangdut.

Baca Juga :   Merandai Tanda Zaman di Atas Kain Kanvas

Ada 2 unit TV 21 Inch; 2 lemari es; 2 mesin cuci; 6 sepeda gunung; 4 unit sepeda mini; 3 kompor gas; 4 setrika; 3 kipas angin; 15 jas hujan; 10 sprei; 15 jam dinding; 20 payung; 4 rice cooker; dan terakhir hadiah utama adalah 1 unit sepeda motor matic.

Camat Nguling Bunadi selaku tuan rumah acara ini memberikan apresiasi event mancal bareng di Nguling. Dengan adanya event seperti ini di Nguling, ia juga bisa memamerkan produk unggulan dari UKM-UKM di Kecamatan Nguling. (tof/)