Waduh! Ada 54 Berita Hoaks Terkait Virus Corona

959

Pasuruan (WartaBromo.com) –Kabar hoaks bertebaran setelah wabah virus corona muncul di Cina. Setidaknya ada 54 berita hoaks yang beredar di media sosial selama sepekan terakhir.

Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kabar hoaks soal corona menyebar sejak 23 Januari – 3 Februari 2020. Ada 54 berita tak benar selama sepuluh hari ini. Parahnya pada 31 Januari lalu, tercatat 36 hoaks beredar dalam sehari.

“Jangan terlalu cepat meneruskan informasi yang belum tentu kebenarannya,” jelas Johnny G Plate, Menteri Kominfo dilansir dari Antara.

Ada berbagai kabar terkait virus yang telah menewaskan lebih dari 300 warga ini. Di antara ada warga Indonesia yang terjangkit virus corona, hingga bawang putih sebagai penyembuh corona.

Baca Juga :   Balita asal Kecamatan Bugul Kidul Positif, Warga se-Kampung akan Di-tracing

“Kita sedang siapkan supaya (informasi) di-blast (sebarluaskan melalui SMS,” lanjutnya.

Sms blast ini berisi ajakan supaya warga tidak mempercayai informasi yang belum tentu jelas kebenarannya. Untuk memastikan kebenaran tersebut, warga bisa melakukan cek resmi di situs Kemenkominfo, Kementerian Kesehatan hingga Kementerian Luar Negeri. (may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.