Puluhan Rumah Terdampak Banjir Luapan Kali Bayeman

991

Tongas (wartabromo.com) – Kali Bayeman meluap, pasca diguyur hujan deras pada Jumat (7/2/2020) sore kemarin. Puluhan rumah pun terendam banjir.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Probolinggo, ada sekitar 48 rumah di Dusun Bayeman tengah, Desa Bayeman terdampak luapan air dari Kali Bayeman. Serta 9 rumah lainnya, di Dusun Krajan dan Jaringan. Satu rumah di Desa Tanjungrejo, juga jadi korban tertimpa pohon.

“Jumlah rumah tergenang itu hasil pendataan petugas TRC BPBD di lapangan. Banjir telah surut, rumah-rumah warga sudah dibersihkan,” jelas Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, Sabtu (8/2/2020).

Sementara itu, Anggit menyebut banjir juga menyebabkan pohon tumbang. Sampai saat ini pihaknya bersama masyarakat masih melanjutkan pemotongan pada pohon tumbang terdampak banjir kemarin.

Baca Juga :   Warga Tengger Siapkan Ongkek Jelang Yadnya Kasada

Diwartakan sebelumnya, akibat hujan deras yang melanda kawasan Kecamatan Tongas, pada Jumat sore, membuat sejumlah sungai meluap. Luapan air meluber ke sawah dan pemukiman warga. Ketinggian air, mencapai 60 sampai satu meter.

Wilayah gang shampo, atau Dusun Bayeman Tengah, sebelumnya kerap dilanda banjir semacam ini. Namun, dua tahun terakhir tidak terjadi. Pasca banjir surut, warga secara swadaya membersihkan sisa lumpur dan kotoran yang ikut terbawa saat banjir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (lai/saw)