Mentan Sebut Stok Bawang Putih Cukup untuk 2 Bulan

393

Nguling (WartaBromo.com) – Bawang putih di Indonesia disebut mengalami kelangkaan setelah ada virus Corona di Cina. Menanggapi hal ini, Kementerian Pertanian pastikan stok bawang putih aman hingga 2 bulan ke depan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di acara Panen Raya Padi di Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/02/2020).

Menurut politisi Partai NasDem ini, adanya isu kelangkaan karena kepanikan warga terhadap virus corona di Cina. Sebab, salah satu pengimpor bawang putih adalah negeri tirai bambu.

“Potensi yang kita miliki cukup untuk bertahan 2 sampai 3 bulan tanpa impor,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa bawang putih merupakan tanaman sub tropis, sementara Indonesia merupakan negara tropis. Sehingga untuk menambah pasokan Indonesia perlu mendatangkan dari negara lain yang beriklim sub tropis.

Problem yang terjadi pada bawang putih di dalam negeri, menurutnya, disebabkan pada kendala distribusi dan curah hujan tinggi. Sebab berdasar perhitungan Kementerian Pertanian, kelangkaan bawang putih seharusnya tidak terjadi.

Sekadar diketahui, harga bawang putih di Pasar Gadingrejo, Kota Pasuruan dalam seminggu belakangan mengalami kenaikan hingga Rp 55 ribu per kg. Salah satu pelanggan bawang putih, Bisri (27) menyebut biasanya harga bawang putih berkisar Rp 30 ribu – Rp 35 ribu per kg. (tof/may)