Mau Lahiran Normal? Begini Tipsnya

4661

Pasuruan (Wartabromo.com) – Melahirkan secara normal adalah impian bagi para calon ibu. Tak sedikit yang harus merelakan impian tersebut karena beberapa faktor.

Ya, prosedur operasi Caesar menjadi pilihan dikala kondisi kandungan bermasalah. Entah karena bayi sungsang, kelainan, atau ukuran bayi yang sangat besar.

Maka dari itu, Wartabromo merangkum dari beberapa sumber, hal yang dapat dilakukan ibu hamil agar dapat melahirkan normal.

Pertama, rutin beraktivitas fisik, bisa juga dengan olahraga ringan seperti jalan kaki. Jalan kaki diyakini dapat membantu mulut rahim melebar dan memperbaiki posisi bayi. Dengan berjalan kaki rutin, kepala bayi akan cepat masuk ke rongga panggul sehingga memudahkan proses persalinan.

Aktivitas fisik ini berguna menambah stamina dan membuat fisik lebih bugar. Utamanya menghadapi proses persalinan. Hal ini bisa dilakukan mulai saat kandungan memasuki trimester kedua.

Kedua, melakukan gerakan senam atau yoga juga dapat membantu mengoptimalkan posisi bayi untuk turun ke jalan lahir. Selain itu, gerakan-gerakan tersebut memungkinkan panggul dan ligamen terbuka lebar, sehingga bayi lebih mudah terdorong keluar.

Ketiga, melakukan squat. Aktifitas ini sangat dianjurkan bagi ibu yang sudah mendekati proses persalinan. Squat dianggap sebagai latihan terbaik untuk persalinan mudah.

Keempat, sering melatih pernapasan. Pasalnya, pernapasan merupakan salah satu hal penting saat melahirkan. Teknik pernapasan yang benar dapat membantu ibu lebih tenang menghadapi dengan rasa sakit selama proses melahirkan. Selain itu, pernapasan yang baik untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup oksigen dan ibu tak pingsan akibat persalinan dan kram saat kontraksi.

Kelima, makan bergizi dan istirahat yang cukup. Saat hamil, asupan gizi ibu hamil harus seimbang. Asupan vitamin A, B, C, E dan K harus dipenuhi secara alami melalui buah dan sayur segar.

Selain itu, ibu hamil harus tidur setidaknya 7 jam atau lebih dalam sehari. Ini berguna untuk persiapan persalinan yang cepat dan lancar. Ciptakan suasana senyaman mungkin. (bel/may)