Hujan Deras, 3 Kecamatan di Probolinggo Kembali Dilanda Banjir

960

Probolinggo (wartabromo.com) – Sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo kembali dilanda banjir pada Rabu (26/2/2020). Banjir kali ini, melanda 5 desa di 3 kecamatan.

Informasi yang dihimpun, wilayah yang dilanda banjir adalah Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih; dan Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu. Serta Desa Bayeman dan Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas.

Selain pemukiman penduduk yang tergenang oleh air banjir, jalur Pantura juga ikut terendam. Yakni di ruas Desa Kalisalam, sehingga arus lalu lintas (lalin) tersendat.

“Di Kecamatan Dringu, debit sungai cukup tinggi, tapi tidak setinggi bajir yang kemarin. Namun banjir kali ini, juga sampai ke jalur Pantura, sampai membuat macet,” kata warga Kecamatan Dringu, Saifullah.

Baca Juga :   TNBTS Kutuk Perusakan Tempat Sembahyangan Umat Hindu Tengger

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan, banjir kali ini lebih besar daripada banjir yang terjadi 3 hari lalu. Hal tersebut, lantaran hujan yang turun lumayan lebat. “Lebih parah dari banjir sebelumnya. Ketinggian air juga mencapai pinggang orang dewasa,” tutur Anggit.

Akan tetapi, sambung Anggit, saat ini pihaknya sudah menerjunkan anggota TRC darurat bencana ke kawasan terdampak. Untuk melakukan pendataan atau asessement. Serta menerjunkan perahu karet sebagai antisipasi dalam evakuasi warga.

“Perahu karet langsung diterjunkan ke lokasi banjir untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir,” ujar Anggit saat dikonfirmasi. (cho/saw)