Cuaca Buruk Selama Tiga Hari, 9.765 KK di Kabupaten Pasuruan Terdampak Banjir

961

Rejoso (WartaBromo.com) – Banjir mengepung Kabupaten Pasuruan dalam 3 hari terakhir. Tercatat ada 9.765 KK yang terdampak banjir di 4 kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mencatat, jumlah KK paling banyak terdampak banjir berada di Kecamatan Grati. Di sana ada dua desa yang terendam air sejak hari Rabu (26/02/2020).

Total ada 2.860 KK di Desa Kedawung Wetan dan Desa Kedawung Kulon yang terkena banjir.  Tertinggi kedua di Kecamatan Beji, yakni berjumlah 2.730 KK.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengatakan sampai Jumat (28/02/2020) pagi tadi, terpantau air masih menggenangi beberapa desa, seperti Desa Toyaning, Desa Patuguran, dan Desa Kedawung Kulon.

Untuk bantuan bagi warga yang terdampak banjir, Tecto menyebut total 2.200 bantuan makanan berupa nasi bungkus, sudah didistribusikan di tiga kecamatan yakni Grati, Rejoso, dan Winongan.

“Dapur umum juga sudah didirikan di Desa Toyaning, Desa Kedawung Kulon, dan Kantor PMI,” ujar Tecto.

Meski banjir yang kemarin disebut sempat mencapai ketinggian 1,5 meter, Tecto mengungkapkan belum ada warga yang sampai mengungsi dari tempat tinggalnya.

Akan tetapi BPBD sudah menentukan titik-titik pengungsian, jika tiba-tiba keadaannya memburuk.

“Untuk lokasi sudah kami tentukan yang jauh dari genangan di tiap-tiap desa atau kecamatan,” tandasnya. (tof/may)