Perkuat UMKM, Misbakhun Ajak BI Blusukan di Probolinggo

579

Probolinggo (wartabromo.com)- Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun terus menyuarakan pentingnya pemberdayaan serta pengembangan atas usaha mikri kecil dan menengah (UMKM). Legislator Partai Golkar itu menyatakan, UMKM merupakan penopang ekonomi nasional.

Untuk itu pula Misbakhun mengajak Bank Indonesia (BI) blusukan menemui konstituennya di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Politikus asal Pasuruan itu juga menggandeng Otoritas Jada Keuangan (OJK) menemui pelaku UMKM di Kota Probolinggo.

Misbakhun mengatakan, UMKM sudah berkaki-kali terbukti paling kuat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang rawan krisis. Menurutnya, daya tahan UMKM berbeda dengan perusahaan besar yang sangat terpengaruh kondisi global.

“UMKM merupakan struktur ekonomi terkuat dalam menghadapi kondisi ekonomi rawan,” kata Misbakhun saat sosialisasi program penguatan UMKM yang mengangkat tema ‘Sistem Pembayaran Digital untuk Peningkatan sebagai Pendorong Pengembangan Bisnis UMKM’ di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga :   Truk Pasir Vs Truk Pengangkut Deterjen, 1 Orang Luka

Mantan pegawai Ditjen Pajak Kementerian Keuangan itu menegaskan bahwa UMKM adalah sektor ekonomi yang langsung melibatkan masyarakat dan memiliki daya dukung kuat. “Sehingga UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang lebih kuat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global,” tegas politikus yang getol membela kebijakan Presiden Joko Widodo itu.

Pada kesempatan sama Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan mengatakan, pihaknya mempunyai perhatian khusus dalam penguatan UMKM. Menurut Azka, BI memiliki program yang memprioritaskan pelaku UMKM.

“Kami harapkan pelaku UMKM mengetahui mekanisme bantuan penguatan yang diprogramkan oleh BI melalui sosialisasi seperti ini,” kata Azka.

Di sela sosialisasi, Misbakhun bersama BI Perwakilan Malang menyambangi Kecamatan Pajarakan untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir. “Saya selaku Anggota DPR yang mewakili wilayah ini (Probolinggo) bersimpati atas terjadinya musibah banjir. Saya menggandeng Bank Indonesia untuk hadir dan melihat langsung kondisi korban banjir di sini sebagai bentuk sinergisitas BI dan DPR,” ungkap Misbakhun.

Baca Juga :   Gegara Ekonomi, 600 Istri Gugat Cerai Suami Saat Pandemi Corona

Salah korban banjir, Mbah Sulikha menyampaikan ucapan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan oleh bapak Misbakhun dan Bank Indonesia.

“Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Misbakhun dan Bank Indonesia atas bantuannya, semoga segalanya bisa dilancarkan,” katanya.

Untuk diketahui, Bank Indonesia mempunyai program kepedulian bantuan untuk keadaan bencana. Penyerahan bantuan untuk korban banjir di Probolinggo itu merupakan tindak lanjut atas laporan dari warga kepada Misbakhun yang meneruskannya kepada BI selaku mitra kerja Komisi XI DPR RI. (yog/yog)