Diduga LPG Bocor, Dapur Warga Tegal Siwalan Meledak hingga Lukai Pemiliknya

1120

Tegal Siwalan (wartabromo.com) – Dapur sebuah rumah di Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo meledak hingga melukai seorang perempuan. Ledakan dipicu adanya kebocoran gas elpiji.

Kapolsek Tegal Siwalan, AKP. Ida Bagus GKW mengatakan peristiwa ledakan tabung gas elpiji 3 kilogram itu, terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Sabtu (7/3/2020). Saat itu, Siti Zubaidah, warga Dusun Jurangan, Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegal Siwalan, menghidupkan kompor hendak memasak.

“Korban hendak memasak, di dapurnya ada 2 kompor,” ujar Ida Bagus.

Usai menghidupkan kompor, istri Suyit itu, berpindah ke kompor lainnya untuk mengganti tabung gas. Seperti biasa, ia mengganti tabung yang kosong dengan tabung berisi gas.

Ternyata dalam proses pergantian tersebut, mengalami kebocoran.
Dengan cepat api kompor menyambar semburan gas elpiji di tabung.
Duaarrr !!! Ledakan pun terjadi. Menghacurkan dapur dan perabotan serta kamar yang berdekatan dengan dapur. Siti Zubaidah pun terkapar dengan sejumlah luka bakar.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Masifkan Sosialisasi Vaksin

“Selain kebocoran tabung pada saat hendak diganti, kondisi dapur yang tertutup dan tidak ada ventilasi udara, membuat gas bocor mudah terbakar. Sehingga terjadi ledakan dan mengakibatkan kerusakan,” tambah Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP. Rizky Santoso.

Ledakan itu, membuat warga RT/RW : 11/2 terkejut hingga membawa korban ke Puskesmas setempat. Namun, karena lukanya sangat parah, korban dirujuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan, untuk mendapatkan perawatan medis.

“Untuk luka-luka bakarnya masih belum bisa kami pastikan dulu,” tandas pria asal Surabaya itu. (cho/saw)