Kelompok Usia Ini Paling Rentan dan Aman dari Infeksi Corona

1178

Pasuruan (WartaBromo.com)- Saat sejumlah negara sedang bersiap mengantisipasi kemungkinan corona menjadi pandemik di dunia, para pakar kesehatan sudah mulai bisa mengetahui siapa saja yang paling beresiko terjangkit COVID-19.

Dilansir dari situs berita Australia, abc.net, sejauh ini, anak-anak tampaknya paling aman dari kemungkinan terkena infeksi. Hal tersebut disampaikan Dr Brendan Murphy, Kepala Bidang Medis Australia.

Ia mengatakan, dari ribuan kasus corona, hanya beberapa anak-anak saja yang terkena infeksi. “Ini hal yang tidak biasa dibandingkan dengan flu biasa,” kata Dr. Murphy.

“Kami tidak tahu, apakah anak-anak sebenarnya terinfeksi namun karena gejalanya ringan sehingga tidak tampak, atau mereka tidak sakit, atau mereka memang lebih kebal,” lanjutnya.

Baca Juga :   PDP di Kabupaten Pasuruan Bertambah 2 Orang

Penuturan yang sama disampaikanProfessor Robert Booy dari Pusat Penelitian Imunisasi dan Pemantauan Australia. Ia menyebutkan, karena alasan tertentu, anak-anak hanya terkena gejala yang ringan.

“Anak-anak yang terkena virus dari sejumlah negara sejauh ini hanya memiliki gejala ringan, seperti demam dan gangguan pernapasan tubuh bagian atas.” kata Prof Booy.

Sejauh ini tidak ada anak-anak yang dilaporkan mengalami komplikasi serius. Sebaliknya, hal tersebut justru banyak terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia.

“Di tubuh orang dewasa, reaksinya berbeda, mungkin karena tubuh mereka sudah pernah terkena infeksi virus sehingga sistem kekebalan bereaksi berlebihan,” kata Prof Booy.

Selain itu, mereka yang didapati meninggal dunia, lanjut Prof. Booy, sebelumnya telah memiliki riwayat penyakit akut. Dari sisi usia, rerata di atas 70 tahun. (asd)