Berada di Lumajang, WN Bangladesh dan Malaysia Dicek Kesehatan

996
Pemeriksaan Kesehatan WNA Bangladesh. Foto : Kominfo Lumajang

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Warga Negara Asing (WNA) yang ada di Lumajang. Setidaknya ada 5 WNA asal Bangladesh dan 7 WNA Malaysia yang dicek kesehatannya.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan setelah warga melaporkan ada 5 WNA yang sedang melakukan tabligh di Lumajang. Mereka kemudian diperiksa oleh tim kesehatan, untuk antisipasi penyebaran virus corona.

“WNA Bangladesh yang ada di Musala Al-Ikhlas milik ustadz Lukman diharuskan bertahan sampai dengan tanggal 29 Maret 2020 ke depan, dan tidak boleh melaksanakan kegiatan tablig keliling untuk sementara,” ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam rilis resminya.

Artinya, mubaligh ini harus menunda kegiatannya untuk berkeliling di Lumajang. Meski kelimanya dinyatakan negatif corona, namun kegiatan dengan menghadirkan massa tetap harus ditunda terlebih dahulu.

Sebelumnya, Bupati Lumajang juga melakukan pemeriksaan kepada WNA asal Malaysia yang bertamu di salah satu rumah warga di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang. Sebanyak 7 WNA ini kemudian diperiksa kesehatannya.

“Apalagi ini dari luar negeri yang saya kira Malaysia juga sama-sama dalam proses pencegahan virus corona,” jelasnya pada Senin (16/03/2020) lalu.

Cak Thoriq kemudian meminta warga harus melaporkan setiap kedatangan tamu dari luar daerah. Apalagi jika tidak ada kegiatan mendesak di Lumajang.

“Sekiranya kegiatan disini bisa ditunda saya minta untuk ditunda, kiranya dalam waktu dekat kembali saya harapkan kembali ke Malaysia,”¬†tutupnya. (may/ono)