Corona Meluas, Yuk Simak Gejalanya

1741

Pasuruan (Wartabromo.com) – Coronavirus disease (Covid-19), sampai saat ini masih menjadi wabah yang mengawatirkan dunia. Jumlah kasusnya pun terus bertambah.

Berdasarkan data Kemenkes RI per 17 Maret 2020, sudah ada 172 warga Indonesia positif corona. Sebanyak 9 orang positif corona dinyatakan sembuh, sedangkan korban meninggal ada 7 orang.

Nah, untuk mencegah semakin luasnya penyebaran virus corona, Bolo harus mengetahui apa saja gejala yang baiknya diketahui. Dengan begitu, akan banyak orang yang dapat membatasi diri dan tidak membawa virus berbahaya ini.

Lantas, apa saja gejalanya?

Melansir laman resmi WHO, gejala Covid-19 paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Pada beberapa kasus, pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, bahkan diare.

Baca Juga :   Kabupaten Probolinggo Akhirnya Level 1

Umumnya, gejala infeksi virus corona berkembang dari hari ke hari. Mulai dari yang ringan dan timbul secara bertahap.

Disebutkan, 1 dari setiap 6 orang yang terpapar Covid-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Jadi, jika ada yang demam, batuk dan kesulitan bernapas, harus segera mendapat perhatian medis.

Agar lebih jelas, simak gejala infeksi virus corona dari ke hari yang umumnya berkembang pada pasien:

  • Hari ke-1
    Pasien akan mengalami demam. Dimungkinkan mengalami rasa lelah, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil pasien mengalami diare atau mual selama satu hingga dua hari sebelumnya.
  • Hari ke-5
    Mulai mengalami kesulitan bernapas. Keluhan tersebut umumnya terjadi pada orang lanjut usia (Lansia) atau orang yang memiliki penyakit penyerta lain.
  • Hari ke-7
    Setelah seminggu, umumnya pasien mulai melaporkan penyakitnya dan menjalani perawatan di rumah sakit.
  • Hari ke-8
    Berdasarkan laporan CDC Cina, pada hari ke-8, pasien dengan kasus parah akan mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Penyakit ini terjadi ketika cairan memenuhi paru-paru. Kondisi ini sering berakhir fatal.
  • Hari ke-10
    Jika gejala makin memburuk, rumah sakit akan menyarankan untuk menjalani perawatan di ICU. Pasalnya, dikhawatirkan pasien mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan.
  • Hari ke-17
    Jika perawatan intensif dilakukan, pasien akan sembuh dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit setelah 2,5 pekan.
Baca Juga :   Terinspirasi Tradisi Leluhur, Pemuda Pleret Bikin Gentong Cuci Tangan Unik

Hal lain yang perlu diketahui, Ahli Epidemiologi dari University of Texas, Amerika Serikat, Lauren Ancel Meyers menyebutkan, umumnya pasien menunjukkan gejala setelah lima hari sejak terinfeksi.
Selain itu, yang perlu dicatat juga, tingkat kematian akibat infeksi virus corona berkisar pada angka 2% saja. (bel/ono)