Begini Kondisi 5 Pasien PDP di RSUD Bangil

3431

Pasuruan (WartaBromo.com)- Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan terus memantau perkembangan 5 pasien berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang tengah menjalani isolasi di RSUD Bangil.

Hingga kini, hasil uji sampel yang dikirim ke laboratorium kesehatan belum selesai dianalisis. “Sudah kami kirim. Cuma belum selesai karena antri ya,” kata Ketua Harian Satgas Covid-19 setempat Anang Saiful Wijaya.

Sejauh ini kondisi kelima pasien cukup beragam. Sebagian tidak memiliki keluhan. Namun, ada juga yang harus menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator. “Ada yang pakai ada yang nggak,” ujar Anang.

Anang bilang, kelima pasien yang terdiri dari satu laki-laki dan empat perempuan itu menjalani isolasi di waktu berbeda. Satu pasien pertama masuk pada Minggu (22/03/2020).

Baca Juga :   Update Covid-19 Kabupaten Probolinggo: 25 Terinfeksi, 5 Sembuh

Sedangkan empat lainnya mulai dikarantina sehari berikutnya, Senin (23/03/2020). “Ini masih menunggu hasil labnya. Mudah-mudahan saja hasilnya negatif,” jelas Anang.

Pihak RSUD Bangil sendiri sementara ini telah menyiapkan satu ruangan berisi 8 tempat tidur sebagai lokasi isolasi pasien PDP. Dari angka itu, lima di antaranya telah terpakai.

“Sementara memang kami siapkan 8 tempat tidur. Kalaupun nanti terjadi lonjakan, kami sudah siapkan ruangan di bagian lain dengan kapasitas 24 tempat tidur,” terang Anang.

Anang pun berharap lonjakan pasien itu tak terjadi. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Prorokol kesehatan itu harus dijalankan betul. Hindari kerumunan, menjaga jarak agar ini tidak semakin menyebar. Karena upaya pencegahan apapun tidak akan efektif kalau manusinya tidak peduli,” jelas Anang. (nul/asd)

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Gelontorkan Rp3 Miliar, Subsidi BPJS Kesehatan Warga Tak Mampu