Diduga karena Limbah, Air Kali Wrati Mendadak Berwarna Merah

939
TERCEMAR: Air Kali Wrati yang memerah pada Sabtu (28/03/2020) pagi. Foto: Khusnul.

Beji (WartaBromo.com) – Air sungai Wrati di Dusun Gersikan, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan mendadak memerah pada Sabtu (28/03/2020) pagi.

Kendati belum diketahui penyebabnya, peristiwa itu sempat membuat warga setempat geger. Apalagi, sebelumnya warna air masih terlihat normal.

Sujarwati, salah satu warga setempat mengatakan, hingga pukul 08.00, warna air masih terlihat normal. Tak lama kemudian, aliran sungai mendadak berubah warna.

“Tadi saya dan beberapa warga lainnya juga kaget, kok tiba-tiba air berubah warna jadi merah. Padahal tadi normal,” ungkap Sujarwati kepada wartabromo.

Meskipun tak menimbulkan bau, pemilik warung di pinggiran sungai Wrati ini mengaku warna yang ditimbulkan cukup membuat resah.

“Biasanya kan cuman warna coklat susu atau paling gak lebih keruh sedikit, ini malah merah,” ujarnya. Sujarwati pun menduga perubahan warna sungai itu akibat limbah perusahaan.

Sebagai informasi, sungai ini terhubung dari sungai yang berada di Kecamatan Gempol. Salah satunya sungai yang ada di Desa Legok.

Dari pantauan media ini, merahnya aliran Kali Wrati itu berlangsung hingga tiga jam. Sekira pukul 11.15, aliran sungai kembali normal.

Terpisah, Sri Rahmaniah, tim pengawas dan penegakan DLHK saat dihubungi WartaBromo.com mengaku belum mengetahui peristiwa itu.

Karena itu, pihaknya menyarankan media ini untuk mengadukan persoalan tersebut ke bagian pengaduan. “Nanti satgas yang bergerak,” ungkapnya saat di hubungi via Whatsapp. (nul/asd)