Positif Kabupaten Probolinggo Jadi 11 Orang, 7 Masih Satu Keluarga

2783

Kraksaan (wartabromo.com) – Warga yang positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo bertambah 7 orang. Kini totalnya adalah 11 orang per Rabu (15/04/2020).

Dari 11 kasus tersebut, 7 di antaranya masih satu keluarga di Kecamatan Paiton. Sisanya, tersebar di Kecamatan Tongas dan Pakuniran masing-masing 1 orang. Dan Kecamatan Gading, 2 orang

“Mereka dinyatakan positif COVID-19 dari hasil swab dan hari ini sudah keluar hasilnya yang sudah dikonfirmasi dari Jakarta,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Yoelijanto Rabu (15/04/2020) petang .

Dikatakan Anang, ketujuh pasien terbaru ini langsung diisolasi di RSUD Tongas, meskipun kondisinya sehat.

Menurut Anang, sesuai hasil penelusuran, 7 kasus positif tambahan tersebut berasal dari kontak berbeda, meski sama-sama terkait dengan kluster Bimtek Haji.

Baca Juga :   Pelajar Mencuri di Masjid Baitur Rahman Pajarakan

Satu berasal dari pasien positif yang sebelumnya telah tercatat di wilayah Kecamatan Gading. Dengan begitu, terdapat dua orang di kecamatan ini yang terpapar Covid-19.

Sedangkan 6 pasien tambahan lainnya, didapat dari 1 pasien Kecamatan Paiton, yang terhitung masih satu keluarga.

“Ketujuh orang tambahan positif COVID-19 ini adalah orang yang mempunyai kontak erat dari orang yang positif sebelumnya. Mereka adalah keluarga dari yang positif sebelumnyai,” lanjut dr. Anang

Saat ini pihaknya masih menunggu swab kedua 4 pasien positif terdahulu. “Nanti Minggu ini akan diswab kembali. Intinya mereka sehat dan semakin ceria menjalani masa isolasi, dengan pengawasan dari tim medis. Doakan saja, bisa cepat sehat dan cepat keluar dari rumah pengawasan,” tutur Anang.

Baca Juga :   Klaster Pendidikan Muncul di Kota Pasuruan, 13 Sekolah Ditutup

Saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 17 orang atau ada tambahan 1 orang dari sebelumnya. Dengan keterangan 6 orang dalam perawatan, 6 orang sehat dan 5 orang meninggal dunia. Tambahan 1 orang PDP ini berasal dari Kecamatan Dringu.

Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 317 orang. Jumlahnya sama seperti sebelumnya. Dengan keterangan 209 orang dalam pemantauan, 107 orang selesai dipantau dan 1 orang meninggal dunia. (cho/saw)