Wah! Ada Planet Mirip Bumi Ditemukan

1576

Pasuruan (Wartabromo.com) – Ilmuan yang menganalisis data dari Kepler, wahana pencari planet milik NASA klaim temukan planet ekstra surya seukuran Bumi. Planet tersebut mengorbit di zona layak huni.

Beberapa sumber menyebutkan, planet tersebut selanjutnya diberi nama Kepler-1649c. Lokasinya berada 300 tahun cahaya dari Bumi.

Kepler-1649c itu diketahui memiliki batuan yang dapat mendukung keberadaan air. Selain itu, Kepler-1649c menerima 75% cahaya yang didapat Bumi dari Matahari. Hal itu membuat temperatur permukaan di exoplanet tersebut bisa jadi mirip seperti Bumi.

Namun, Kepler-1649c mengorbit pada bintang katai merah. Berbeda dengan bumi yang mengorbit mengelilingi matahari.

“Dunia yang menarik dan jauh ini memberi kita harapan yang lebih besar bahwa Bumi kedua berada di antara bintang-bintang, menunggu untuk ditemukan,” ujar Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Science Mission Directorate NASA.

Sayangnya, sejauh ini peneliti mengaku belum dapat banyak tahu tentang Kepler-1649c. Termasuk atmosfer yang mempengaruhi suhu planet tersebut. Tapi mereka tahu, ada planet kedua dalam sistem ini yang jaraknya lebih dekat lagi dengan bintangnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya juga ada TRAPPIST-1f yang berjarak 39 tahun cahaya dari Bumi serta TRAPPIST-1D dan TOI 700d yang temperaturnya dinilai sama dengan Kepler 1649-c. (bel/may)