Dari Pelacakan, 300 Warga Bersinggungan dengan Pasien Positif Corona di Kabupaten Probolinggo

5775

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Probolinggo menemukan ratusan orang yang pernah kontak dengan 16 orang positif Covid-19. Mereka pun menjalani rapid test guna mengidentifikasi kemungkinan terjangkiti virus di dalam tubuhnya.

Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto mengatakan ada sekitar 300 orang yang berhasil dilacak (tracking). Terhadap mereka, dilakukan rapid test, bahkan ada yang di-swab.

Hasil rapid test untuk ratusan warga itu sejauh ini negatif. Tetapi untuk hasil swab orang yang kontak dekat dengan pasien positif corona, masih belum diketahui, menunggu hasil dari laboratorium kesehatan.

“Mereka berasal dari keluarga, teman kerja, dan orang yang sempat berhubungan dekat dengan pasien positif Covid-19. Tidak hanya itu, mereka juga sudah menjalani rapid test, bahkan orang yang kontak dekat sudah dilakukan swab,” kata Anang pada Selasa, 21 April 2020.

Baca Juga :   Pemuda Lekok Tewas Dikeroyok saat Ngopi, hingga Slank Bakal Hentak Pasuruan | Koran Online 21 Okt

Meski begitu, tak semua orang hasil tracking dikarantina. Hanya ada 110 orang lebih yang dikarantina di ruang isolasi khusus. Sisanya menjalani karantina mandiri di rumahnya masing-masing.

“Karantina di ruang isolasi khusus bagi mereka yang interaksi dekat dengan pasien positif. Diisolasi secara ketat dengan regulasi yang lebih disiplin, sehingga harapannya mereka tidak kemana-mana dan betul-betul terisolasi dengan baik,” lanjutnya.

Terhadap 16 pasien positif Covid-19, dokter Anang mengatakan kondisinya semakin baik. Mereka diberikan gizi yang cukup dan vitamin, agar daya tahan tubuhnya semakin hari, semakin bagus.

“Rencananya minggu depan ini kami akan lakukan swab ulang. Semoga saja negatif, agar bisa segera dipulangkan dengan harapan juga mereka segera sehat,” tandas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo itu. (cho/saw)

Baca Juga :   Bos Debt Collector Diburu Polsek Kraksaan hingga Wisatawan Beli Durian Kosong di Pasar Cheng Ho | Koran Online 15 Feb