Deretan Takjil Berbahan Dasar Ubi & Singkong Ini Dijamin Menggoyang Lidah

3786

Pasuruan (Wartabromo.com) – Saat memasuki bulan Ramadan, sajian manis nan legit menjadi primadona. Tak terkecuali olahan berbahan dasar ubi dan singkong.

Nah, deretan takjil berikut ini bisa dijadikan pilihan saat berbuka puasa lho!

1. Kolak ubi

Kolak, selalu jadi menu takjil yang tak pernah luput dari daftar. Kolak ubi, misalnya.

Kolak ini berisi potongan ubi yang diberi tambahan pisang, dan kolang-kaling. Gurihnya santan, lembutnya tekstur ubi berpadu dengan manisnya gula aren dijamin mampu menggugah selera.

Jenis-jenis ubi uang digunakan pun beragam. Mulai dari ubi kuning, putih sampai ubi ungu.

2. Candil

Siapa yang tak kenal legitnya bubur candil. Orang Jawa menyebutnya jenang sruntul. Berbeda dengan orang Jakarta yang menyebutnya biji salak. Manisnya bubur satu ini dijamin mampu manjakan lidah usai seharian puasa.

Baca Juga :   Anak Suka Makan Junk Food? Begini Tips Menguranginya

Tekstur kenyalnya yang lembut tercipta dari campuran tepung beras, ubi jalar merah. Tak lupa, guyuran gula merah dan santan menambah nikmat menu satu ini. Jangan lupa disajikan dengan bubur sumsum.

3. Bola ubi

Kalau jajanan tradisional satu ini, sempat hits tahun lalu. Terbuat dari ubi ungu atau kuning dengan campuran tepung tapioka ini memang cocok jadi camilan untuk berbuka puasa.

Begitu diolah dan digoreng, teksturnya renyah di bagian luar namun lembut di dalam. Rasa manis ditambah tekstur yang makin kenyal saat sudah kempes menjadi sensasi tersendiri.

4. Misro

Olahan berbahan dasar ubi sudah. Sekarang giliran olahan singkong parut. Hasil parutan ini kemudian dipadu dengan bumbu sederhana.

Baca Juga :   Tak Hanya Korean Garlic Cheese Bread, Roti Ini Juga Miliki Pamor Mentereng

Misro mempunyai cita rasa manis khas gula merah. Bentuknya bulat memanjang. Begitu digoreng, rasa gurih singkong parut itu berpadu dengan lelehan gula merah yang manis legit.

5. Combro

Tak jauh berbeda dengan Misro, jajanan yang bernama Combro ini juga terbuat dari singkong parut. Bedanya, kalai misro cita rasanya manis, combro bercita rasa gurih.

Ya, combro diberi isi oncom pedas. Bagi pecinta pedas, camilan ini bisa jadi pilihan.

Banyak pilihan kan? Jangan ngiler dulu ya? (bel/may)