Tracing Pasien Positif, 6 Warga Kota Pasuruan Reaktif Rapid Test

8493
Jubir Gugus Tugas, Shierly Marlena.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan melakukan rapid test terhadap beberapa orang yang di-tracing dari pasien positif klaster Gadingrejo. Hasilnya, 6 orang positif/reaktif rapid test.

Jubir Gugus Tugas, Shierly Marlena mengatakan, kendati 6 orang tersebut reaktif rapid test namun tidak secara otomatis mereka positif terinfeksi Covid-19, sebab akurasi rapid test hanya mencapai 65%.

Untuk itu harus dilakukan tindak lanjut dengan tes swab untuk mengonfirmasi orang tersebut benar positif Covid-19. Saat ini mereka menjalani isolasi mandiri sambil dipantau oleh petugas.

“Karena semua pasiennya tanpa gejala, jadi isolasi mandiri,” kata Shierly saat ditemui WartaBromo, Selasa (28/04/2020).

Mereka juga sudah dilakukan tes swab dan saat ini masih menunggu hasil. Shierly melanjutkan, ada 40 orang yang di-tracing dari pasien positif klaster Gadingrejo, antara lain orang terdekat dengan pasien dan orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien.

Baca Juga :   Vaksin Belum Tiba di Kota Pasuruan, Dewan Akan Surati Menkes

Sementara itu, pasien positif Klaster Gadingrejo, berjenis kelamin laki-laki dengan usia 50 tahun itu saat ini dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Surabaya. Ia sebelumnya juga diketahui masuk dalam daftar PDP Kota Pasuruan.

Sedangkan untuk perkembangan penyebaran virus corona di Kota Pasuruan, berdasar data Dinas Kesehatan per Selasa (28/04/2020), jumlah ODP 89 orang, OTG 48 orang, PDP 5 orang, dan positif corona 4 orang dengan catatan satu orang meninggal dan 3 masih dirawat. (tof/ono)