Puasa Sarana Memupuk Takwa

1605

Pasuruan (Wartabromo.com) – Melaksanakan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi umat Islam. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam kalam Allah Q.S Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” tutur Gus H. Aly Fikri MA, Pengasuh Pondok Pesantren Ar Riyadh, Wrati Kejayan saat melafazkan kembali firman Allah itu.

Gus Aly menjelaskan, Allah SWT mewajibkan umatnya berpuasa supaya menjadikan mereka orang bertakwa dengan menjalankan perintah Allah dan melakukan ajaran Sunnah Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, saat bulan Ramadan, banyak pelajaran takwa yang dapat dipetik.

Baca Juga :   Melawan Corona, Emak-emak Ini Kreasikan Kue Kering Jadi Begini

Siapapun yang benar-benar bertakwa kepada Allah SWT, akan mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa. Hal itu sesuai dengan janji Allah.

Sebagaimana dikatakan para ulama, orang yang bertakwa kepada Allah SWT, hidupnya akan tegar, tenang, tidak takut apapun dan ‘nyantai’. Saat menjalani kehidupan di dunia, mereka yang bertakwa akan berjalan dengan tentram, aman, sentosa, serta tak satupun keburukan akan menimpa mereka.

Begitu pula saat menghadapi kesulitan dna ‘keruwetan’ dunia, Allah SWT memastikan akan memberinya jalan keluar. Allah SWT juga menjanjikan menggelontorkan rejeki dengan cara yang tak terduga bagi siapapun yang bertakwa kepada-Nya.

Sementara itu, apabila seseorang mengabaikan ajaran dan seruan Allah SWT, segala larangan-Nya tetap dilakukan tanpa rasa malu, maka jangan pernah berharap Allah memberi keamanan.

Baca Juga :   Trik Cerdas Memilih Baju Sesuai Postur Tubuh

Menurut Gua Aly, permasalahan mendasar yang terjadi saat ini, menimpa tidak hanya perorangan, satu golongan, tapi hampir kebanyakan manusia, pondasi ketakwaannya kurang ‘mapan’. Rasa takwa kepada Allah SWT dalam diri harus terus ditingkatkan.

“Yakin dan percayalah, kalau kita benar-benar bertakwa kepada Allah SWT, apa yang Allah perintahkan kita lakukan betul-betul penuh khidmat, dengan betul-betul penghayatan, maka jaminan Allah SWT pasti Allah akan memberikan jalan  keluar kepada mereka,” pungkasnya. (bel/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.