Istimewanya 10 Hari Kedua Ramadan

1258

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bulan suci Ramadan 1441 H telah memasuki 10 hari kedua. Pada fase kedua inilah Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya.

Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)”.

Ini merupakan waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah SWT, dan memohon ampunan atas segala dosa di masa lampau. Memohon ampunan dengan sungguh-sungguh dan tulus dari hati yang terdalam Insya Allah pasti diampuni oleh Allah SWT.

Nah, dalam 10 hari kedua ini, pastinya menyimpan keutamaan tersendiri. Wartabromo telah merangkum keutamaan Ramadan 10 hari kedua. Apa saja?

Baca Juga :   Salah Kaprah Tadarus dan Tarawih

1. Wujud istiqomahnya

Biasanya, intensitas ibadah seseorang akan mulai berkurang ketika memasuki 10 hari kedua. Contoh yang paling sering ditemui adalah pada salat tarawih. Semakin hari, jumlah jamaahnya mengalami penurunan.

Padahal keutamaan istiqomah dalam beribadah bulan Ramadan memiliki pahala luar biasa. Selain itu, dalamnya juga tersimpan banyak kebaikan yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, bagi orang-orang yang mampu menjalankan rangkaian ibadah pausa secara lengkap di 10 hari kedua merupakan wujud rasa istiqomah.

2. Jauh dari godaan duniawi

Selain sebagai wujud Istiqomah, menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadan, juga menjadi bukti orang tersebut jauh dari godaan duniawi. Artinya, orang tersebut mampu menahan dan menjauhkan dari dari godaan duniawi yang berlebihan. Pasalnya, masih banyak yang menghabiskan waktu dengan mengobrol dengan teman, sibuk menyiapkan keperluan lebaran.

Baca Juga :   Perempuan dalam Pembangunan Bangsa

3. Dikabulkan doa-doa

Ramadan 10 hari kedua merupakan hari terbaik untuk berdoa. Berdoa kebaikan dunia akhirat. Pasalnya, doa di hari-hari tersebut Allah memberi kenikmatan yakni mengabulkan doa hamba-Nya. Sebagaimana diketahui, salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah ketika bulan Ramadan.

4. Mendapat kemudahan

Ya, Allah akan memberi kemudahan bagi orang yang menjalankan ibadah Ramadan di 10 hari kedua. Caranya, dengan memberikan kekuatan orang tersebut agar mampu Istiqomah sampai akhir ramadhan.

Apalagi pahala berdzikir di bulan Ramadhan. Jika seseorang Istiqomah berzikir hingga 10 hari kedua bulan Ramadan, bahkan sampai akhir ramadhan, ia akan mendapat kemudahan yang luar biasa dari Allah dalam setiap jalan kehidupan dunia maupun akhirat.

Baca Juga :   1 Ramadan Resmi Ditetapkan 6 Mei 2019

5. Mendapat petunjuk di tiap malam Ramadan

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
‘Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan’.

Potongan ayat tersebut pasti tidak asing lagi. Malam lailatul qadar adalah malam yang kebih baik dari seribu bulan. Inilah janji Allah yang membuat umat Islam takjub dan bersemangat.

Tak hanya itu, orang yang menjalankan ibadah Ramadan, setiap malamnya akan mendapat petunjuk dari Allah. Dengan begitu, orang tersebut mampu menikmati indahnya Ramadhan dan diberi kekuatan agar bisa menjalankan ibadah hingga akhir ramadhan. (bel/may)