Begini Suasana Salat Idul Fitri di Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan

768

Pasuruan (WartaBromo.com) – Masjid Agung Al Anwar Kota Pasuruan menggelar salat Idul Fitri (Id) pada Minggu (24/05/2020). Jemaah salat penuh pada salat Id kali ini.

Pantauan WartaBromo, masjid mengumandangkan takbir sejak subuh. Kemudian sejak pukul 05.30 WIB, jemaah berdatangan. Di luar masjid, polisi, TNI, dan banser NU berjaga.

Sebelum masuk masjid, sebagian jemaah mencuci tangan terlebih dahulu di tempat cuci tangan yang sudah disediakan di depan masjid. Sebagian jemaah lagi memilih menggelar sajadah di jalan raya, hingga beberapa di taman alun-alun.

Di dalam masjid, jemaah penuh. Pihak masjid telah menempelkan selotip-selotip warna hitam pada lantai masjid dengan maksud menjaga jarak antar jemaah.

Namun karena volume jemaah yang sangat banyak, sehingga sangat sulit untuk mengatur jarak antar jemaah. Di dalam masjid, sebagian jamaah mengenakan masker, sebagian tidak.

Salat Id dilaksanakan sekitar pukul 06.30 WIB, pantauan WartaBromo, setelah salat Id selesai jemaah langsung pulang dan tidak ada yang bersalam-salaman.

Sebelumnya, MUI Kota Pasuruan sudah mengeluarkan imbauan dalam Seruan Bersama Wali Kota Pasuruan Tentang Tata Cara Beribadah dalam Bulan Suci Ramadan.

Pada poin 11 menyebutkan salat Id dapat dilaksanakan di masjid atau musala dengan menjaga jarak dan memakai masker, mempersingkat khutbah, dan bacaan surat salat Id dengan tetap memerhatikan syarat rukunnya.

“Serta tidak saling berjabat tangan,” demikian tertulis dalam seruan bersama itu. (tof/ono)