Kemendikbud Belum Putuskan soal Jadwal Masuk Sekolah

1406
Nadiem Makarim. Foto : Tribunnews

Jakarta (WartaBromo.com)- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan belum memutuskan jadwal awal tahun ajaran baru 2020.

Pernyataan itu disampaikan pihak Kemendikbud menyikapi beredarnya kabar bila kegiatan belajar mengajar tahun ajar 2020-2021 dimulai Juni mendatang.

“Mohon menunggu dan saya belum bisa memberikan statement apapun untuk keputusan itu. Karena dipusatkan di gugus tugas. Mohon kesabaran. Kalau ada hoax-hoax dan apa sampai akhir tahun, itu tidak benar,” kata Mendikbud, NadiemĀ  Makarim saat melakukan rapat kerja virtual dengan Komisi X, Jumat (22/05/2020), seperti dikutip CNBC Indonesia.

Nadiem mengatakan, keputusan kapan akan dimulai tahun ajaran baru bukan ada di tangannya. Melainkan sudah menjadi kewenangan Gugus Tugas.

“[Keputusan] bukan di Kemendikbud. Keputusannya kapan, dengan format apa, dan seperti apa, dan karena ini faktor kesehatan, itu masih di Gugus Tugas,” jelas Nadiem.

Meski begitu, sebagai eksekutor pendidikan, pihaknya mengaku siap menjalankan apapun skenario yang diputuskan tim Gugus Tugas nanti.

Nadiem mengakui, pandemi yang terjadi saat ini sangat berdampak pada sistem pembelajaran di rumah saat ini. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga negara di dunia.

“Skenario apapun masih terus diskusikan dengan para pakar, dan keputusannya berada di tangan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujar Nadiem.

Penegasan Nadiem tersebut sekaligus sebagai klarifikasi atas beredarnya kabar terkait pelaksanaan tahun ajaran baru pada Juni mendatang. Oleh Nadiem, kabar tersebut dibantahnya. (tof/asd)