Pasien Sembuh di Kabupaten Probolinggo Capai 63 Persen

1645

Kraksaan (wartabromo.com) – Persentase kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi. Tercatat 63 persen atau 57 orang dari 91 pasien, tak lagi terjangkiti virus ini.

Data per 31 Mei 2020, ada 91 pasien positif corona (Covid-19) di Kabupaten Probolinggo. Sebanyak 32 orang atau 35,16 persen sedang menjalani perawatan. Kemudian 57 orang atau 62,64 persen dinyatakan sembuh. Sementara persentase meninggal di kisaran 2,20 persen atau 2 meninggal.

“Tren kesembuhan pasien positif Covid-19 terus meningkat sejak beberapa hari yang lalu. Mudah-mudahan yang lain segera menyusul sembuh,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto, pada Senin, 1 Juni 2020.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo Ajak Pemuda Lebih Kreatif

Dalam sepekan terakhir sedikitnya sudah ada 24 pasien sembuh. Misalkan pada Minggu, 24 Mei ada 17 pasien dinyatakan sembuh. Dua hari kemudian ada 5 orang dinyatakan negatif Covid-19. Pada Kamis, 27 Mei bertambah sebanyak 11 orang sembuh.

Terakhir ada 2 pasien sembuh, yakni tenaga kesehatan RSUD Tongas. Keduanya berjenis kelamin perempuan. Berusia 32 tahun yang berdomisili di Kota Probolinggo dan berusia 25 tahun yang berasal dari Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringu.

“Kondisi kedua tenaga kesehatan RSUD Tongas ini sehat. Mereka memang orang tanpa gejala (OTG), mereka dinyatakan sembuh karena hasil swab-nya dua kali negatif,” lanjutnya.

Anang menyebut cepatnya informasi kesembuhan pasien positif Covid-19, dipengaruhi dengan adanya modifikasi catrige TCM (tes cepat molekuler) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan menjadi PCR (polymerase chain reaction).

Baca Juga :   Koran Online 9 Juli : KPK Sebut Anggota DPRD Lumajang Tak Lapor Kekayaan hingga Terungkap Alasan Teno Ditunjuk Jadi Ketua DPC PDIP

“Sehingga proses tes swab pasien lebih cepat dan hasilnya dapat diketahui dalam hitungan jam. Mereka yang sudah 2 kali negatif, langsung kita pulangkan,” tandas Kadinkes itu. (saw/ono)