Yuk, Ketahui Karakter Anak Sulung!

1026

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bukan rahasia lagi kalau setiap anak memiliki karakter berbeda. Biasanya, urutan lahir juga turut mempengaruhi karakter buah hati.

Meski urutan kelahiran tidak mutlak jadi patokan untuk melihat karakter anak, tak ada salahnya memahami karakter buah hati. Dengan begitu, orang tua dapat membantu tumbuh kembang anak dengan baik.

Berikut uraiannya!

1. Mandiri

Dinukil dari kumparan, Konsultan Pendidikan New York, Kryss Shane, mengungkapkan, anak pertama terbiasa tumbuh dengan satu atau beberapa adik. Dengan begitu, anak pertama dapat belajar mengatur dirinya sendiri.

Pasalnya, mereka tahu ada adik yang juga perlu perhatian orang tua. Tanpa disadari, hal itu membuat anak pertama cenderung lebih kreatif dan mandiri melakukan berbagai keterampilan, juga pandai menghibur diri sendiri.

2. Pekerja Keras

“Dengan adik yang lebih muda, bisa jadi lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orang tua, jadi anak sulung sering bekerja lebih keras untuk memastikan menyenangkan atau mengesankan orang tua mereka,” ujar Shane.

Ya, selain mandiri, anak pertama juga memiliki sifat pekerja keras. Apabila ada sesuatu yang diinginkan, anak pertama akan berusaha keras untuk mencapainya. Biasanya, mereka cenderung berorientasi pada prestasi.

3. Keras Kepala

Menjadi anak sulung, seringkali membuatnya ingin selalu diandalkan. Tak jarang, mereka juga sulit menerima masukan orang lain. Itulah mengapa, anak pertama biasanya memiliki sifat keras kepala.

Nah, untuk menghadapi karakter keras kepala, orang tua hanya perlu menghadapi mereka dengan tenang. Sering mengajak mereka bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan.

4. Perhatian

Sebagai anak pertama, ketika diminta mengasuh adiknya, akan menjaga dengan senang hati. Anak pertama memiliki sifat perhatian secara alami. Anak sulung juga tak segan rela berkorban untuk keluarga. Apalagi, untuk adik-adiknya.

Yuk, yang merasa anak sulung, cung! (bel/may)