Kabupaten Probolinggo Ungkap Sudah 70 Pasien Sembuh dari Covid-19

1027

Kraksaan (wartabromo.com) – Jumlah pasien Covid-19 sembuh di Kabupaten Probolinggo, terus meningkat. Terkini ada 70 orang atau 76,92 persen dari 91 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Joelijanto mengatakan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 cukup menggembirakan. Hingga pada Kamis pagi, 4 Juni, sebanyak 70 orang dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang ke rumah masing-masing. Sementara 19 pasien lainnya masih menjalani perawatan dan 2 orang meninggal. Persentase kesembuhan mencapai 76,92 persen, untuk yang dirawat sebanyak 28,88 persen dan meninggal 2,20 persen.

Pada Sabtu, 3 Juni ada 7 orang yang dinyatakan sembuh. Ketujuh pasien sembuh itu, berasal dari 2 klaster penularan. Terbanyak dari klaster tenaga kesehatan, yakni 4 orang. Sisanya sebanyak 3 orang dari klaster pemudik. “Kemarin ada 7 orang yang sembuh, tiap hari ada yang sembuh. Tentu ini kabar yang menggembirakan,” ujarnya.

Salah satu faktor penunjang kesembuhan itu, kata Anang, adalah adanya modifikasi cartridge TCM di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Di mana tes swab yang dilaksanakan hasilnya lebih cepat, hanya butuh beberapa jam saja. Jauh lebih cepat dibanding hasil tes sebelum cartridge baru didatangkan. Waktu itu, pihaknya masih harus menunggu hasil dari laboratorium daerah di Surabaya sekitar 7-10 hari, bahkan 14 hari.

“Itu menjadi salah satu keuntungan kita, karena bisa lebih cepat. Bukan membuat mereka cepat sembuh, tapi mempercepat di antaranya. Sembuh tidak sembuhnya, tergantung pada daya tahan tubuh pasien. Juga pola makan dan asupan vitamin yang dikonsumsi,” tandas Anang. (saw/ono)