Update Covid-19 Kabupaten Probolinggo: 25 Terinfeksi, 5 Sembuh

1244

Kraksaan (wartabromo.com) – Gugus Tugas (Gugas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengonfirmasi ada 25 pasien baru Covid-19 pada Kamis, 4 Juni 2020. Di sisi lain, ada 5 pasien yang dinyatakan sembuh.

Dari 25 pasien baru itu, berasal dari 3 klaster berbeda. Pertama klaster pasar sebanyak 13 orang, terdiri dari 8 pedagang Pasar Maron, 3 pedagang Pasar Paiton, dan 2 pedagang Pasar Muneng, Sumberasih.

Selanjutnya, yakni klaster pemudik sebanyak 10 orang. Mereka tersebar di beberapa kecamatan. Terakhir yakni klaster tenaga kesehatan sebanyak 2 orang.

“Semua pasien, diketahui dari hasil program rapid test massal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” terang Jubir Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Joelijanto.

Mereka yang reaktif, kata Anang, kemudian dilanjutkan dengan tes swab. Hari ini, hasil swab dari BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan) Surabaya, turun. “Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo. Dalam keadaan sehat,” kata dokter Anang.

Grafis kasus corona di Kabupaten Probolinggo per 4 Juni 2020.

Kabar gembiranya, ada 5 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka berasal dari klaster pemudik, sebanyak 3 orang, klaster Sukolilo, dan klaster Batang, masing-masing 1 orang.

“Meski sudah dinyatakan sembuh, mereka kami sarankan untuk isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dan melaksanakan physical distancing,” lanjut Anang.

Terkini, sebaran Covid-19 Kabupaten Probolinggo ada 116 pasien positif. Dengan rincian 39 dirawat, 75 sembuh, dan 2 meninggal dunia. Untuk PDP 61 orang dan ODP mencapai 479 orang. (cho/saw)