Ribuan Pekerja di Tanjung Tembaga Probolinggo Jalani Rapid Test

1080

Probolinggo (wartabromo.com) – Ribuan pekerja di pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo jalani rapid tes pada Jumat, 5 Mei 2020. Skrining kesehatan itu, bertujuan memutus penyebaran Covid-19, sebab pekerja di sektor perikanan tersebut, rentan terinfeksi.

Rapid test digelar di kantor Pelindo III Tanjung Tembaga. Diikuti oleh pekerja di pelabuhan terbesar di Probolinggo itu. Di antaranya anak buah kapal (ABK), nelayan, buruh lepas, pegawai pelabuhan. Termasuk anggota Satpolair Polres Probolinggo, dan Bakamladu.

Rapid test dilakukan secara bertahap, sebab ada sekitar 3 ribu orang tercatat bekerja di kawasan pelabuhan Tanjung Tembaga. Sejauh ini, hasilnya masih belum diketahui secara keseluruhan. “Sebelumnya, untuk kalangan pekerja pelabuhan, sudah kami lakukan rapid test. Jumlahnya sekitar 100 lebih,” kata General Manager Pelindo III Tanjung Tembaga, Adji Djoko.

Dalam prosesnya, rapid dilakukan dengan cara bergantian, agar tidak terjadi kerumunan massa. “Sangat bagus sekali, karena memang pekerjaan kami berkeliling nusantara. Atau bertemu dengan orang lain dari berbagai tempat asal. Kami ikut rapid test ini, untuk mengetahui kondisi saat ini. Sebab kan banyak yang ternyata positif tapi tidak bergejala,” terang salah satu ABK, Erfan.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Tembaga Probolinggo, Subuh Fakkurohman menyebut, pihaknya punya prosedur operasi standar (standar operasional prosedur/SOP) khusus, untuk kapal yang datang ke pelabuhan. Yakni pemeriksaan oleh tim kesehatan pelabuhan, serta karantina mandiri di kapal yang bersangkutan, di tengah perairan Probolinggo.

“Sebelum ada pandemi corona, sejauh ini sudah ada SOP khusus ya, tapi adanya rapid test ini diharapkan mampu meminimalisir sebaran corona di antara pekerja pelabuhan,” kata Subuh.

Banyak pabrik di sekitar Probolinggo, yang memanfaatkan pelabuhan untuk bongkar muat barang pesanan maupun barang kiriman. Beberapa bulan terakhir, pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo mengalami peningkatan aktivitas bongkar muat barang. (lai/saw)