Mutasi 219 Pejabat, Gus Irsyad Hadirkan 9 Orang Saja untuk Ikuti Pelantikan

1799

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan terdapat perombakan. Sebanyak 219 pejabat di dua organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dilantik, Rabu (17/06/2020).

Dari pantauan, tidak seluruh pejabat dihadirkan dalam pelantikan tersebut. Melainkan hanya 9 orang perwakilan yang mengikuti pelantikan di Pendopo Kabupaten Pasuruan siang itu.

Sedangkan ratusan orang lainnya mengikuti prosesi pelantikan secara virtual dengan menggunakan aplikasi online terbagi di 9 lokasi. Di antaranya SMPN 1 Bangil, SMPN 2 Pandaan, SMPN 1 Purwosari, SMPN 1 Purwodadi, SMPN 1 Gondangwetan, SMPN 1 Winongan, SMPN 2 Grati, dan kantor Dinas Kesehatan.

Bapak Ibu bisa mendengar suara saya?” tanya Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf kepada pejabat yang mengikuti pelantikan di tempat terpisah.

Baca Juga :   Keinginan Pusat Pemerintahan Kabupaten Pasuruan Dipindah ke Bangil Tertunda, Kenapa?

Kata Irsyad, meski sudah memasuki new normal, dirinya tak menginginkan banyak orang yang hadir dalam pelantikan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasuruan.

“Tetap kita jaga physical distancing, memakai masker, dan tidak bersalaman. Itu yang saya tegakkan,” tandas Gus Irsyad, sapaannya.

Diketahui, 219 pejabat yang dilantik terdiri dari seorang pejabat administrator, 4 pejabat pengawas, serta 33 dokter yang diberi tugas tambahan sebagai kepala UPT Puskesmas (pusat kesehatan masyarakat).

Kemudian ada juga 112 guru yang ditugaskan sebagai kepala TK (taman kanak-kanak) dan kepala SD; lalu 22 guru yang diberi tugas sebagai kepala SMP; serta 47 pengawas sekolah.

Baca Juga :   Hadapi Wabah, Polres Pasuruan Ganti Kasat Reskoba dan Lukir Sejumlah Kapolsek

Irsyad menegaskan, pelantikan dan mutasi adalah hal biasa yang menjadi kebutuhan organisasi. Utamanya dalam pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta pembinaan pola karir pegawai sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja.

“Pengembangan karir pegawai tidak semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan. Melainkan lebih diutamakan untuk pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Irsyad.

Di akhir sambutannya, Irsyad berharap pejabat yang dilantik agar senantiasa semangat, bekerja keras dan cerdas, serta ikhlas menjunjung tinggi komitmen PNS sebagai abdi negara sekaligus pelayan masyarakat.

“Saya tegaskan kepada kepala OPD untuk senantiasa melakukan pembinaan kepada bawahannya, agar tidak timbul permasalahan di internal OPD-nya,” tutup Irsyad.

Baca Juga :   Kabar Segar, Akan Ada 10 Titik Ruang Terbuka Hijau Baru di Kabupaten Pasuruan

Sekadar informasi, pelantikan tersebut dilaksanakan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, disaksikan oleh Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron; Pj Sekda Misbah Zunib; Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan; hingga para kepala OPD. (mil/ono)