Fakta Unik Detak Jantung Janin

888

Pasuruan (Wartabromo.com) – Saat hamil, perkembangan janin merupakan salah satu topik pembicaraan paling menarik. Terlebih ketika menantikan kelahiran bayi pertama.

Mengetahui perkembangan buah hati saat dalam kandungan, merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu. Termasuk saat mendengar detak jantung jabang bayi. Perasaan bahagia campur deg-degan saat mendengarkan detak jantung buah hati.

Nah, dibalik momen bahagia itu, ada 4 fakta unik detak jantung janin. Apa saja?

1. Terdengar jelas saat usia kehamilan 10-12 minggu

Mengutip kumparan, suara detak yang terdengar saat usia kehamilan di bawah 10 minggu, biasanya bukan berasal dari janin. Suara detak tersebut ternyata berasal dari area yang akan menjadi jantung si kecil.

Jadi, calon ibu akan benar-benar mendengar detak jantung buah hati ketika mulai masuk kehamilan 10-12 minggu.

2. Detak jantung janin bisa dihitung

Bagaimana caranya?
Hitung jumlah detak jantung janin dalam 15 detik. Kemudian, kali dengan 4 setiap detak jantung yang di dengar selama 1 menit.

Bisa juga dengan menghitung detak jantung selama 10 atau 20 detik. Selanjutnya, kali dengan 6 setiap satu menitnya.

3. Detak jantung normal janin adalah 120-160 BPM

Detak jantung janin normal yakni antara 120 sampai dengan 160 denyut jantung per menit (Beat Per Minute/BPM). Namun, angka ini dapat berubah sesuai pergerakan janin.

Bisa jadi, detak jantung janin mengalami fluktuasi sepanjang hari. Detam jantungnya bisa mencapai 180 atau 190 BPM.

4. Seperti derap kuda

Bagi yang sedang atau tengah hamil, pasti ada yang merasakan detak jantung bayinya mirip derap langkah kuda. Yups, bunyi detak jantung janin sekilas memang terdengar seperti itu.

Yuk, coba dengar menggunakan stetoskop! (bel/may)