Ambulans Desa Digunakan untuk Angkut Kambing, Wabup Lumajang Geram

2007
Dua kambing diangkut dengan ambulans desa. Foto: Istimewa

Lumajang (WartaBromo.com) – Ambulans Desa di Lumajang kepergok digunakan untuk mengangkut kambing. Wakil Bupati Lumajang pun ngamuk dan akan panggil Kepala Desa.

Ambulans yang dimaksud yakni milik Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang. Peristiwa ambulans angkut dua kambing ini mulanya diunggah oleh seorang warganet melalui media sosial. Sontak, postingan ini viral di dunia maya.

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati kemudian angkat bicara terkait hal ini. Ia geram dengan perilaku ini.

“Beredar foto ambulans desa membawa kambing, perilaku berpemerintahan yang menyimpang dan mencoreng etika. Peringatan untuk seluruh kepala desa agar tidak melakukan hal-hal seperti ini,” kata Bunda Indah, sapaan akrabnya.

Selidik punya selidik, beredar kabar jika warga yang mengangkut kambing menggunakan ambulans desa, masih punya hubungan kekeluargaan dengan Kepala Desa. Bunda Indah kemudian menarik ambulans desa tersebut sementara. Saat ini ambulans sudah berada di Dinas Kesehatan Lumajang.

“Ambulans yang memuat kambing tersebut kami tarik sementara dan sesegera mungkin kepala desanya diperiksa untuk mempertanggungjawabkan,” lanjutnya.

Indah menambahkan, ambulans desa ini merupakan bagian dari program Bupati Sjahrazad Masdar. Bahkan, saat itu mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan, karena menjadi satu-satunya Kabupaten yang memiliki program 1 Desa 1 Ambulans.

“Tentu tujuannya adalah mempercepat pelayanan bagi warga sakit yang harus ke puskesmas atau ke Rumah Sakit. Semoga menjadi pelajaran berharga buat semuanya, bagaimanapun kita ini pelayan masyarakat yang harus terus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan. Salah satu misi Cak Thoriqul Haq dan saya adalah reformasi birokrasi,” tegasnya. (may/ono)