Jembatan Gantung di Atas Jalur Aliran Lahar Dingin Semeru Segera Dibangun

942

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Lumajang segera membangun jembatan gantung di atas sungai aliran lahar Semeru. Jembatan gantung ini digadang-gadang akan menjadi yang terpanjang di Jawa Timur.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan jembatan gantung ini nantinya akan menghubungan Dusun Kebondeli Selatan, Desa Sumberwuluh dengan Dusun Sumberkajar, Desa Jugosari di Kecamatan Candipuro.

“Alhamdulillah, sudah ada surat dari Kementrian PUPR terkait dengan anggaran yang akan diturunkan terkait pembangunan jembatan gantung dengan jumlah sekitar Rp9 Miliar,” jelas Cak Thoriq melalui keterangan resminya.

Anggaran ini diperuntukkan membangun jembatan gantung sepanjang 147 meter dengan lebar 3 meter. Rencananya, pembangunan akan dilakukan mulai November tahun ini. Warga pun bisa mulai melewati jembatan pada awal tahun depan.

“Kira-kira kalau ini nanti jadi dibangun pastinya akan menjadi jembatan gantung terpanjang di Jawa Timur. Namun, karena pembangunan ini biayanya besar, maka tidak memungkinkan dalam pembiayaan dari APBD Kabupaten Lumajang, karena itu ada intervensi dari pemerintah pusat,” tutupnya,

Jembatan ini akan menggantung di atas sungai aliran lahar Semeru. Sebelumnya, warga harus menyebrangi aliran sungai untuk bisa menyeberang ke desa sebelah. Apalagi jika terjadi banjir lahar dingin, maka warga harus menunggu banjir surut baru bisa melintas. (may/ono)