Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP Ketujuh Secara Beruntun

2355

Sidoarjo (wartabromo.com) – Untuk ke tujuh kalinya secara beruntun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019. Opini tersebut didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD.

Prestasi membanggakan itu, diserahkan oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo pada Selasa, 30 Juni 2020. Dengan demikian, Pemkab Probolinggo berhasil meraih opini WTP selama 7 (tujuh) tahun berturut-turut sejak tahun 2013 silam.

“Opini WTP yang diberikan BPK merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan, dan bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya,” kata Ketua BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono.

Baca Juga :   Divonis 10 Bulan, Markus Urung Ajukan Banding

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyebut keberhasilan mempertahankan sistem pengelolaan keuangan daerah merupakan hasil perjuangan seluruh ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo. Sehingga patutlah ia mengucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tanpa terkecuali. Karena telah mempersiapkan proses interim ini dengan baik sehingga mampu mempertahankan opini WTP yang ketujuh.

“Ini menjadi harapan saya agar bisa memotivasi bagi kita semua dalam proses bisnis Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Utamanya dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah, terus menerus kita pacu untuk lebih baik, lebih professional dan lebih transparan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Selain OPD, proses pengawasan oleh DPRD Kabupaten Probolinggo juga turut andil. Dengan dukungan luar biasa kepada jajaran eksekutif, sehingga bersama-sama bisa berjalan beriringan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Baca Juga :   Pol PP "Bersih-bersih" Tempat Hiburan Malam, Ini Hasilnya

“Terima kasih pula kepada masyarakat yang telah tanpa henti mendoakan kami semua para pelayan masyarakat. Sehingga harapannya, kami mampu menjadi pelayan yang terus lebih baik dan lebih baik lagi,” kata Bupati Probolinggo dengan haru.

Atas raihan itu, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menyampaikan ucapan selamat atas diraihnya kembali opini WTP yang ketujuh kalinya. Menjadi bukti bahwa sinergi antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan legislatif berjalan baik. Untuk melayani seluruh elemen masyarakat.

“InsyaAllah ke depan kita mampu merebut WTP yang kedelapan bersama-sama mewujudkan Kabupaten Probolinggo lebih maju dan lebih makmur,” kata politisi Partai Nasdem itu.

Dalam penerimaan opini WTP tersebut, turut serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. Juga ada Inspektur Sigit Sumarsono, Kepala Badan Keuangan Daerah Dewi Korina, serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian.

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Buka Lelang Jabatan Kepala 2 OPD

Selain Kabupaten Probolinggo, ada 17 daerah lain yang juga mendapatkan opini WTP. Yakni, Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Kediri, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Nganjuk, Kota Malang, Kota Kediri, Kabupaten Magetan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Bojonegoro. (saw/**)