Deretan Mainan Ini Bikin ‘Terjebak Nostalgia’

830

Pasuruan (Wartabromo.com) – Jaman dulu, anak-anak sering menghabiskan waktu bersama teman, memainkan permainan sederhana nan murah meriah. Berbeda dengan saat ini yang serba digital.

Yaps, anak-anak jaman sekarang lebih senang menghabiskan waktu di dalam rumah sambil memegang gawai. Kalaupun ingin memainkan permainan jadul, mainan-mainan tersebut kini sudah mulai sulit ditemukan.

Tapi, kalau mau nostalgia masih boleh kok. Yuk intip deretan permainan jadul berikut!

1. Balon tiup

Balon satu ini terbuat dari bahan lengket semacam lem dilengkapi sedotan berbahan plastik. Gelembung yang dihasilkan berwujud semi cair, sehingga rentan bolong dan pecah. Ketika memainkannya, ada kebanggan tersendiri saat balon yang ditiup dapat berukuran besar dan tidak pecah meski dalam waktu lama. Ada pula sengaja memecahkan balon ke muka supaya bisa menjadi topeng.

Ada-ada saja ya?

2. Lego peluru

Siapa yang tak kenal lego mini yang berbentuk mirip peluru ini. Sebelum hits di kancah internasional, ‘lego’ ternyata juga sempat hits di skala lokal. Warna yang beragam membuat lego peluru banyak diminati. Lego lokal ini tak kalah dengan lego modern yang bisa berubah menjadi berbagai macam bentuk sesuai keinginan.

3. Ketapel

Kalau yang satu ini, jadi favorit saat musim buah. Hayo ngaku, siapa yang sering ngetapel buah milik tetangga?

Ketapel juga sering digunakan sebagai senjata mainan bagi anak-anak. Biasanya, ketapel yang digunakan dibuat sendiri dari ranting pohon yang cukup kuat untuk menjadi tumpuan saat akan menembak.

4. Pletokan

Selain ketapel, ada lagi mainan yang sering digunakan sebagai senjata. Mainan tembak-tembakan ini populer di kalangan anak laki-laki. Ini dia, pletokan. Senjata satu ini terbuat dari bambu yang dilengkapi peluru kertas basah.

Mainan ini ada 2 versi bagi orang Jawa. Perbedaan tersebut tergantung pada cara memainkannya. Ada yang ditiup, namanya ada yang didorong menggunakan bambu berukuran lebih kecil. Kalau ditiup disebut dengan tulup, kalau menggunakan alat bantu disebut sentokan.

Kalau di tempat bolo, apa nama maianan ini?

5. Boneka kertas

Jika pletokan populer di kalangan anak laki-laki, boneka kertas populer bagi anak-anak perempuan. Mainan ini dulu sering disebut bongkar pasang. Pasalnya, pemilik mainan dapat memadupadankan pakaian sesuai keinginan. Bahkan, ada perlengkapan lain seperti meja, kursi dan kasur yang dapat dimanfaatkan lho!
Mungkin, gara-gara suka main bongkar pasang, sekarang kamu jadi stylish abis. Betul apa betul?”

Wah jadi rindu ya? (bel/may)