Ribuan Karyawan Diliburkan, PT. KTI Sterilisasi Pabrik

1379

Mayangan (wartabromo.com) – Delapan karyawan PT. Kutai Timber Indonesia (KTI) Probolinggo terkonfirmasi positif Covid-19 (Coronavirus Disease). PT KTI kemudian meliburkan karyawan dan sterilisasi pabrik.

Executive Officer PT. KTI, M. Firdaus Jafar menyebut, pihaknya sejauh ini terus koordinasi dengan gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Probolinggo.

“Karyawan memang kami liburkan, tapi sebelumnya kami berikan pembekalan. Untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing. Karena ini bukan lagi bicara soal kami (PT. KTI). Melainkan lingkup yang lebih luas,” katanya, Rabu (8/7/2020).

Libur sementara itu dilakukan kurang lebih selama dua pekan. Sesuai dengan anjuran WHO, untuk masa karantina selama pandemi Covid-19. Tiga unit produksi yang ada di PT. KTI pun, libur. Sebanyak 3.800 karyawan dengan dua tenaga asing, diliburkan.

Masih menurut Firdaus, kasus positif di pabriknya, bukan karena kelalaian. Bahkan sejak awal masa pandemi corona, pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu karyawan sebelum masuk pabrik, cuci tangan serta ada bilik desinfektan untuk karyawan.

Dua pabrik KTI, di sekitar dermaga Tanjung Tembaga Kota Probolinggo pun, sepi. Tidak ada aktifitas produksi seperti hari biasanya. Hanya satpam dan beberapa direksi saja, yang masih masuk.

Seperti diwartakan sebelumnya, delapan karyawan PT. KTI terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah dilakukan rapid tes, pada karyawan pabrik tersebut. Dari rapid tes, menunjukkan hasil reaktif. Pemeriksaan pada delapan karyawan itupun, dilanjutkan dengan uji swab. Yang hasilnya juga menunjukkan positif covid19. (lai/saw)