Berikut 10 Seruan Kiai Pasuruan Hadapi New Normal

4873

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kiai sepuh dan ulama di Kabupaten Pasuruan sampaikan seruan hadapi new normal. Sari seruan itu agar seluruh warga meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Ada 10 seruan dikemas dalam lembar maklumat berdasarkan pertemuan di Gedung Segoropuro, Komplek Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (09/07/2020).

Kesepuluh seruan tersebut adalah:

Pertama, senantiasa mendekatkan diri kepada Alah SWT dengan memperbanyak zikir, wirid, selawat, dan berdoa agar pasien-pasien yang masih dalam perawatan/isolasi segera sembuh, dihindarkan dari wabah yang berkelanjutan.

Kedua, sedapat mungkin selalu dalam keadaan suci dengan menjaga wudhu atau segera berwudu saat batal atau hadas.
Ketiga, terus membiasakan diri dengan pola hidup bersih dan sehat sembari berniat semoga terhindar dari segala macam penyakit.

Keempat, rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.
Kelima, selalu mengenakan masker bila berkegiatan di luar rumah atau berada dalam kelompok orang.

Keenam, sedapat mungkin menghindari kerumunan massa. Bila terpaksa, tetap gunakan masker dan jaga jarak.
Ketujuh, membiasakan kembali minum jamu-jamuan, vitamin, serta berolahraga sebagai ikhtiar menjaga kesehatan.

Kedelapan, selalu mematuhi aturan dan arahan dari pemerintah, utamanya terkait protokol kesehatan dan tata laksana penanganan Covid-19.
Kesembilan, pemulasaraan jenazah Covid-19 yang dilakukan oleh petugas RSUD Bangil/RSUD Grati maupun puskesmas telah memenuhi standar syariah islam dan kesehatan.

Kesepuluh, mengamalkan ijazah KH A, Nawawi Abdul Djalil Sidogiri, yakni membaca Surat Al Quraisy sebanyak 7 kali dengan mengulang bacaan “Wa aamanahum min khouf” setiap selesai salat magrib dan subuh. Sebelum membaca, didahului bertawasul kepada Rasulullah SAW, KH Nawawi Nurhasan Sidogiri, KH Hannan Tanggul Jember, dan kepada yang mengijazahi.

Maklumat tersebut ditandatangani para alim ulama seperti Habib Segaf bin Hasan Baharun (PP Dalwa), KH Nawawi Abdul Djalil (PP Sidogiri), KH Muzakki Birrul Alim (Rois Surya PCNU Kabupaten Pasuruan), KH Abdurrohim (Rois Surya PCNU Bangil), serta KH Fuad Nur Hasan (Mustasyar PCNU).

Tanda tangan juga dibubuhkan KH Imron Mutamakkin (Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan), Ustaz H Sobri (Ketua PCNU Bangil), KH Soleh Bahruddin (PP Ngalah) dan sejumlah pengasuh Ponpes di Kabupaten Pasuruan, serta Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, berikut Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron.

“Semoga Allah SWT menyelamatkan kita semua dari wabah Covid-19 ini,” kata KH Imron Mutamakkin.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengajak seluruh umat islam di Kabupaten Pasuruan untuk menyebarluaskan isi seruan dari para alim ulama. Utamanya dalam rangka berdoa untuk keselamatan seluruh warga Kabupaten Pasuruan agar terhindar dari Covid-19.

“Yang membaca berita ini, saya minta untuk disebarkan ke yang lainnya. Melalui media sosial atau bisa disampaikan langsung dari orang ke orang. Semoga ikhtiar kita didengar oleh Allah SWT,” ucap Irsyad. (mil/ono)