Rangsang Ketahanan Pangan, Kapolres Probolinggo Kota Tebar 3 Ribu Benih Ikan Nila

1362

Probolinggo (wartabromo.com) – Kapolres Probolinggo Kota AKBP. Ambariyadi Wijaya menebar ribuan benih ikan nila di sungai yang berada di RT 2 RW 2 Kelurahan Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan. Benih itu diharapkan menjadi embrio dalam ketahanan pangan warga.

AKBP. Ambariyadi bersama Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Danramil Kota, Kapt. Eko Saputro, bersama sejumlah pejabat lainnya menebar 3 ribu benih di sungai Kampung Tangguh Semeru (KTS) Wirosecang pada Kamis, 9 Juli 2020. Memanfaatkan sungai dengan lebar 2 meter dan panjang 5 meter, penebaran benih itu, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan gizi dan protein warga setempat.
Hal lainnya adalah memperkuat kemandirian atas dampak Covid-19, khususnya bidang ekonomi.

“Ini sebagai upaya mendukung program pemerintah yakni gemar memakan ikan. Nanti ikan yang sudah besar bisa dipancing atau diambil untuk memenuhi kebutuhan gizi dan protein warga,” kata perwira kelahiran Banyuwangi itu.

Baca Juga :   9 Sasi, Harga Garam Tak Kunjung Membaik

Upaya memupuk kemandirian warga itu, juga mempunyai tujuan lain. Yakni membiasakan warga untuk hidup sehat bersih dengan menyulap sungai yang awalnya kumuh tak terawat. “Upaya kemandirian warga perlu terus didorong,” ujar Ambariyadi Wijaya.

Aksi memelihara ikan di sungai tersebut, diharapkan dapat diikuti oleh warga di kampung yang lain. “Ini salah satu upaya membangkitkan semangat warga. Kami harap dicontoh oleh masyarakat lain,” tandas Kapolres Probolinggo Kota.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengapresiasi langkah yang diambil warga. Sungai yang sebelumnya kumuh, kini menjadi bersih dan menjadi sumber pangan warga. “Tentu ini positif. Mudah-mudahan kampung lain akan mengikuti. Rasa gotong-royong yang mulai pupus perlu dibangkitkan,” ucapnya.

Baca Juga :   Awas ! Ada Pemburu Pelanggar Prokes di Kota Probolinggo

Ia mengatakan motivasi dan dorongan dari Pemkot, Polres Probolinggo Kota, serta Kodim 0820, diyakini akan menebarkan aura positif. Sungai maupun kampung yang kumuh, ketika dibersihkan dapat menjadi tempat wisata warga sekitar.
“Mari ciptakan hal yang terbaik di lingkungannya,” ujarnya.

Kapolres maupun Wali Kota Probolinggo meminta masyarakat untuk selalu menjaga diri dan lingkungannya. Juga tetap menjaga kedisiplinan dan selalu melaksanakan protokol kesehatan, supaya terhindar dari Covid-19.

“Jangan bepergian ke luar kota kalau tidak penting. New normal bukan berarti virus corona sudah tidak ada. Lindungi keluarga dan saudara dari virus itu,” pesan kedua pejabat itu kepada warga. (saw/**)