Ngaku Tak Sodorkan Nama Gus Ipul, Ismail: Itu Kewenangan DPP

1647
Ismail Marzuki Hasan, Ketua DPC PKB Kota Pasuruan.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Nama Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul mendadak muncul dalam bursa pilwali Kota Pasuruan 2020. Hanya saja, soal itu disebutkan jika sepenuhnya menjadi kewenangan pusat.

Ketua DPC PKB Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan mengungkapkan, pihaknya sudah mengusulkan 4 nama ke pusat untuk mendapatkan rekomendasi maju di pilwali. Sedianya, nama Gus Ipul tidak ada dalam usulan tersebut.

“Semua yang kita usulkan 4 orang. Baru kemarin kan nama (Gus Ipul) itu muncul. Kita juga ndak tahu,” ujar Ismail kepada WartaBromo, Senin (20/07/2020).

DPC PKB, menurut Ismail, saat ini hanya bisa menunggu kepada siapa rekomendasi dari pusat itu diberikan. Apakah mungkin diberikan kepada di luar nama yang diusulkan, Ismail hanya menegaskan, bahwa rekomendasi merupakan domain DPP.

“Itu sudah wilayahnya DPP. Kita tidak bisa apa-apa,” imbuh Ismail.

Keempat nama yang diusulkan oleh PKB terdiri dari 3 kader internal dan 1 figur eksternal. Dari internal, yang diusulkan PKB adalah Abdullah Junaedi, M. Nawawi, dan Mochammad Mahfudz.

Ketiga nama itu saat ini diketahui duduk sebagai anggota DPRD Kota Pasuruan. Sementara figur eksternal, PKB mengusulkan nama Ismail Nachu.

Sebelumnya diketahui, PKB telah melakukan penjajakan dengan membuka komunikasi politik dengan 4 partai yakni PKS, PAN, Gerindra, dan PPP. Ismail Nachu sendiri diisukan juga telah mendapat dukungan dari kelompok 4 partai tersebut. (tof/ono)