Awas! Ini Bahaya Ayunan Bayi yang Tak Banyak Diketahui

1523

Pasuruan (Wartabromo.com) – Selama mengasuh si kecil, ayunan bayi menajadi salah satu alat yang sering digunakan. Tak sedikit yang menganggap ayunan bayi praktis untuk membuat buah hati tidur.

Tapi tahukan bolo, ayunan bayi ternyata bisa membahayakan. Kok bisa ya?

“Menggunakan ayunan aman selama bayi terjaga dan diawasi, itu tidak apa-apa. Tetapi begitu bayi tertidur di ayunan dan atau ditinggal di atas ayunan tanpa pengawasan, itu jadi berbahaya,” tutur Ben Hoffman, Dokter Spesialis Anak sekaligus Ketua American Academy of Pediatrics Council on Injury, Violence and Poison Prevention, dinukil dari kumparan.

Dijelaskan, meski bayi belum bisa duduk, tapi gerakan tubuh atau ayunan dikhawatirkan membuat si kecil terjatuh bahkan bisa tertimpa ayunan. Risikonya, bayi bisa mengalami luka, memar, cedera kepala bahkan risiko kematian juga mengintai.

Pengaman yang dipasang di ayunan juga bisa menimbulkan risiko bayi sesak napas. Pasalnya, bayi bisa saja tercekik tali pengaman.

Wah, serem juga ya?

Menurut Hoffman, ayunan bayi memang membuat si kecil tidur dengan nyaman dengan posisi miring. Sayangnya, posisi tersebut tidak dianjurkan. Pasalnya, posisi miring disebut tidak baik untuk kesehatan bayi.

Maka dari itu, ada baiknya tidak membiasakan bayi tidur di ayunan. Biasakan buah hati tidur di box bayi atau tempat tidur mereka yang nyaman dan aman pastinya. (bel/may)