Panas Bumi Arjuno Mulai Dilelang

4112

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Rencana konversi panas bumi di pegunungan Arjuno-Welirang menjadi energi listrik bakal segera dinikmati.

Saat ini, rencana yang merupakan bagian dari proyek strategis bidang kelistrikan itu telah memasuki tahap lelang.

“Masih tetap berlanjut. Sekarang masih proses lelang di pusat,” kata Kepala Bidang Energi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim, Oni Setiawan, Jumat (24/07/2020).

Jawa Timur sendiri memiliki potensi panas bumi melimpah. Di Arjuno-Welirang saja, setidaknya ada tiga lokasi yang dipilih sebagai tempat pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB).

Ketiganya adalah PLTPB Songgoriti, Cangar dan Arjuno-Welirang. “Dan itu sudah ditetapkan ke dalam WKP (wilayah kerja panas bumi)” jelas Oni dalam, diskusi daring bertema ‘Pengembangan Energi Terbarukan di Jawa Timur’ itu.

Baca Juga :   Alih Fungsi Lahan Hutan Terus Terjadi di Kawasan Arjuno-Welirang

Beberapa tempat yang juga potensial untuk menambah bauran energi panas bumi diantaranya pegunungan Bromo Tengger Semeru, gunung Hyang Argopuro, serta Ijen di Banguwangi.

Bahkan, lokasi yang disebut terakhir diproyeksikan sebagai tempat pertama pembangunan PLTPB di Jawa Timur. “Targetnya 2023 nanti sudah dibangun,” jelas Oni. (tof/asd)