Pasien Sembuh Kabupaten Pasuruan Capai 365 Orang

998

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebanyak 19 warga Kabupaten Pasuruan dinyatakan sembuh dari Covid-19. Catatan itu merubah laporan pasien sembuh menjadi 365.

Kesembilan belas orang tersebut meliputi 6 warga Kecamatan Bangil, 4 warga Beji, 4 warga Gempol, 1 warga Gondangwetan, 2 warga Kraton, 1 warga Pandaan, dan 1 warga Rembang.

Dari catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, dari 19 orang tersebut, 6 di antaranya adalah perempuan dan 13 lainnya adalah laki-laki. Mereka merupakan pasien positif Covid-19 yang dirawat di Permata Biru, Prigen.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengungkapkan syukur dengan semakin banyaknya jumlah warga yang sembuh dari Covid-19. Kondisi ini dikatakan dapat meningkatkan rasa optimisme seluruh pasien lain yang kini masih dirawat, baik di SKB Pandaan, Permata Biru, Prigen maupun di RSUD Bangil, dan RSUD Grati.

“Memang sebagian besar adalah warga yang terpapar virus corona dalam kondisi tanpa gejala atau OTG. Dan untuk 19 warga ini merupakan pasien yang dirawat di Permata Biru, Prigen. Alhamdulillah, semuanya sudah sembuh dan kembali kepada keluarganya,” kata Irsyad, Jumat (31/07/2020).

Irsyad meyakinkan kepada pasien positif Covid-19, bahwa corona ini bisa dilumpuhkan dengan semangat tinggi dalam menerapkan protokol kesehatan. Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menkonsumsi makanan yang bergizi, asupan vitamin disertai probiotik, dan pola pikir yang selalu positif.

“Selama dirawat, semua petugas kesehatan selalu memberikan suntikan motivasi kepada para pasien, bahwa virus corona ini bisa disembuhkan. Di samping itu, asupan gizi, vitamin, dan minuman probiotik selalu diberikan setiap harinya,” jelasnya.

Irsyad menegaskan, dalam mempercepat penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasuruan, anggota Gugus Tugas saling berbagi tugas. Baik itu Kapolres Pasuruan, Dandim 0819 Pasuruan, Kajari Kabupaten Pasuruan, maupun Ketua PN Bangil.

“Kita ketahui bersama bahwa Presiden Jokowi meminta langkah percepatan dari semua kepala daerah di Jawa Timur. Salah satunya Kabupaten Pasuruan untuk bagaimana bisa terus menekan kasus virus corona di Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, saya, wakil bupati dan Forpimda saling berbagi tugas supaya efektif dan terukur,” tegasnya.

Dengan sembuhnya 19 pasien dari virus corona, maka jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan bebas dari Covid-19 sebanyak 365 orang. Rinciannya, 41 warga Bangil, 28 warga Beji, 130 warga Gempol, 8 warga Gondangwetan, 8 warga Grati, 12 warga Kraton, 4 warga Lekok, 1 warga Lumbang, dan 8 warga Nguling.

Kemudian pasien sembuh juga pada 34 warga Pandaan, 2 warga Pasrepan, 15 warga Prigen, 13 warga Purwodadi, 20 warga Purwosari, 5 warga Puspo, 6 warga Rejoso, 10 warga Rembang, 15 warga Sukorejo, 1 warga Tutur, 3 warga Winongan, serta 1 warga Pohjentrek. (mil/ono)