Begini Cara Olah Lidah Sapi Anti Alot dan Amis

503

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari raya idul kurban membuat segalam macam bagian dari hewan kurban menggiurkan untuk diolah. Salah satunya lidah sapi.

Tak jarang orang yang memasak lidah begitu kesulitan. Ntah itu alot atau keras, bahkan berbau anyir menyengat. Alhasil, masakan yang sudah diolah sepenuh hati jadi tak diminati.

Padahal bolo, mengolah lidah sapi cukup mudah lho asal tahu tekniknya. Chef Yummy mengungkap, cukup siapkan 5 bahan untuk memasak lidah sapi anti alot. Bahan tersebut yakni daun jeruk, daun salam, daun sereh, lengkuas dan jeruk nipis.

Langkah pertama, bolo warmo perlu merebus lidah sapi selama 10-15 menit. Selama masa perebusan ini, buang busa kotor yang ada pada lidah sapi ya.

Setelah direbus, tiriskan dan kulit lidah sapi. Buang bagian putih atau kulitnya. Hal ini supaya lidah sapi lebih lezat.

Lalu  barulah lidah sapi direbus kembali dengan daun jeruk, daun salam, sereh, lengkuas dan perasan jeruk nipis. Waktu yang dibutuhkan untuk merebus, tergantung kematangan lidah sapi ya. Hal ini bisa dilihat pada tekstur yang empuk, dan warna lidah agak tua.

Tada… Lidah sapi sudah empuk dan tidak berbau anyir. Kalau sudah seperti ini, sudah siap untuk diolah kembali bolo! Bisa untuk dibuat krengsengan, sup atau kalau mau sederhana, bisa juga hanya digoreng. Selamat mencoba ya! (may/ono)