Hadiah Kemerdekaan, Pemerintah Bakal Beri Cashback Belanja hingga Rp750 ribu

1142

Jakarta (WartaBromo.com) – Jelang perayaan kemerdekaan RI, Pemerintah memberikan ‘hadiah’ untuk warganya. Kali ini berupa cashback belanja hingga Rp750 ribu.

Hal ini diungkap Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi melalui akun Instagram resminya. Ia berujar, ada program besar yang sedang digagas untuk mendorong perekonomian Indonesia melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Program ini selain sebagai stimulus pemulihan perekonomian, juga dalam rangka 75 tahun Indonesia Merdeka.

“Program ini nantinya akan memberikan potongan berupa cashback maksimal hingga Rp 750 ribu per konsumen. Jadi, total stimulus bagi masyarakat yang disiapkan ini akan berjumlah sebesar Rp 7,6 Triliun,” jelas Luhut.

Caranya, warga harus berbelanja online atau secara digital. Transaksi ini bentuknya non tunai, atau melalui transfer bank, juga bisa dompet digital.

“Dan tentunya harus berbelanja produk UMKM dalam negeri, bukan produk buatan luar negeri lewat seluruh platform ekonomi digital yang sudah dikenal di Indonesia,” tegasnya.

Meski begitu, belum diungkap bagaimana sistem belanja yang dimaksud Luhut ini. Program ini baru akan diluncurkan pada 17 Agustus mendatang. Luhut berharap, program ini bisa jadi salah satu solusi inovasi produk dalam negeri di tengah pandemi.

“Sehingga peluncuran program ini akan membawa optimisme yang memberikan efek domino yang baik dalam penciptaan dan inovasi produk-produk dalam negeri. Dengan demikian, akan tumbuh usaha-usaha baru dan tercipta banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia,” tutup Luhut. (may/ono)