Pemkab Probolinggo Galakkan Tertib Protokol Kesehatan

882

Kraksaan (wartabromo.com) – Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo sejak Senin lalu, menggalakkan operasi penegakan Protokol Kesehatan (Prokes). Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari pun meminta pemakaian masker menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dikenakan selama beraktivitas di luar rumah. Bukan hanya ketika ada operasi penegakan prokes yang dilaksanakan di beberapa pasar.

“Saya tidak ingin kepatuhan warga dalam memakai masker hanya terjadi saat ada razia semacam ini. Bukan itu tujuannya, melainkan dalam penerapan kebiasaan baru ini. Memunculkan kesadaran warga bahwa setiap masker yang dikenakannya selain melindungi dirinya, tapi juga melindungi orang lain disekitarnya,” ujarnya.

Bupati Tantri sendiri, terlibat dan penegakan prokes itu. Yakni di Pasar Bayeman, Kecamatan Tongas pada Selasa, 8 September 2020.
Menurutnya, pelaksanaan razia masker di pasar bukan untuk mempersulit keadaan dan menyusahkan pedagang dan pengunjung pasar. Melainkan untuk melindungi warga yang berinteraksi di pasar agar tidak sampai terpapar penyebaran Covid-19.

Wanita berjilbab itu, mengatakan kepatuhan warga dalam penerapan prokes merupakan bentuk kontribusi nyata dalam perang melawan pandemi Covid-19. Salah satu yang utama yakni mengenakan masker ketika bepergian ketempat-tempat umum seperti pasar. Apalagi pemerintah daerah sudah menggelontor ribuan masker kepada masyarakat.

“Aturan ini tidak bisa ditawar lagi, karena kami hanya ingin warga kami tetap sehat dan mata rantai penularan Covid-19 dapat segera diputus. Karena saya meyakini tiap warga pasti punya masker di rumahnya masing-masing. Baik itu dari hasil membeli maupun dari pemberian pemerintah secara gratis,” tegas Bupati Probolinggo 2 periode tersebut.

Dalam menegakkan prokes, Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo menggandeng sejumlah instansi. Juga komunitas-komunitas, termasuk juga pengamen jalanan. Semisal yang dilakukan di Pasar Condong, Kecamatan Gading. Dimana mereka menghibur warga sembari mensosialisasikan pemakaian masker. (saw/**)