Cocok untuk Diet, Ini Daftar Makanan Tinggi Protein

1035

Pasuruan (Wartabromo.com) – Ketika memutuskan untuk menjalani program diet, biasanya makanan tinggi protein menjadi menu wajib. Pasalnya, protein membuat merrasa kenyang lebih lama.

Mengutip detik, ada deretan makanan tinggi protein yang dinilai cocok dikonsumsi saat diet. Yuk cek!

1. Telur
Bukan rahasia lagi jika telur merupakan makanan tinggi protein yang mudah ditemui. Selain tinggi protein, telur yang diolah dengan cara direbus juga rendah lemak, sehingga baik untuk membangun masa otot. Dalam 100 gram telur ayam, mengandung 155 kalori dan 13 gram protein.

2. Kacang Almond
Salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi protein adalah kacang almond. Kacang almond bisa jadi pilihan ketika bolo warmo membutuhkan camilan sehat. Setiap 30 gram kacang almond mengandung 6 gram protein nabati, serat, vitamin E, mangan hingga magnesium. Wah, banyak juga ya nutrisinya.

3. Tempe
Makanan hasil fermentasi kacang kedelai ini tak luput dari daftar. Meski harganya terjangkau dan mudah ditemui di pasaran, tempe mengandung serat dan protein tinggi lho.

Bayangkan saja, dalam 100 gram tempe, ada 201 kkal energi; 20,8 gram protein; 8,8 gram lemak; 13,5 gram karbohidrat dan 1,4 g serat.

4. Edamame
Satu lagi kacang yang mengandung protein tinggi, edamame. Kacang berwarna hijau ini juga bisa dijadikan menu camilan sehat. Satu cangkir edamame mengandung 17 gram protein. Tak hanya itu, edamame juga akan memenuhi kebutuhan vitamin K harian sebanyak 52%.

5. Tuna
Makanan lain yang tinggi protein dan rendah lemak selanjutnya berasal dari jenis seafood. Ia adalah tuna. Tuna dikenal sebagai sumber protein rendah lemak yang baik untuk jantung.

Biasanya, tuna dijual dalam keadaan segar ataupun sudah dikemas dalam bentuk kaleng. Ada sekitar 20 gram protein dalam 100 gram tuna.

6. Bayam
Sebagaimana diketahui, bayam sering dijadikan salah satu makanan yang ada dalam satu porsi makanan diet. Tak hanya tinggi protein, bayam juga dikenal dengan manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun dan baik untuk penglihatan. Pasalnya, bayam mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein, klorofil, vitamin B1, B2, B3 dan B6.

7. Greek Yogurt
Yoghurt satu ini merupakan jenis yoghurt yang lebih kental dan creamy dari yoghurt pada umumnya. Biasanya, greek yogurt versi tanpa lemak mengandung 17 gram protein per 170 gram. Greek yoghurt bisa dicampur dengan buah segar atau dimakan langsung.

Wah, banyak juga ya pilihannya. Tidak hanya sehat, tapi rasanya juga aman di lidah. (bel/ono)