Kehilangan Nafsu Makan Pagi Hari? Ini Penyebabnya

736

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Sarapan merupakan hal utama untuk mengawali hari sebelum berativitas. Pasalnya, sarapan memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan kegiatan.

Sayangnya, sebagian orang merasa tak nafsu untuk sarapan. Apa ya penyebabnya?

Mengutip detik, ada 3 kemungkinan alasan seseorang tidak nafsu makan saat pagi hari.

1. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Ya, tak sedikit orang yang beranggapan, makan sebelum tidur dapat membantu agar cepat tidur. Padahal, para ahli menyebut, makan berat justru mengganggu tidur. Itu lantaran tubuh dipaksa bekerja lebih keras untuk mencerna makanan di waktu rehatnya.

Nah, ketika makanan yang dicerna banyak, proses pencernaan biasanya akan berlangsung sampai bangun tidur. Saat tubuh masih ‘bekerja’, perut belum akan mengirim sinyal lapar di pagi hari.

2. Pengaruh hormon

Hormon sangat berkaitan dengan nafsu makan dan mual di pagi hari. Lonjakan hormon inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab mual di pagi hari dan membuat tidak nafsu makan.

3. Tubuh telah beradaptasi

Tubuh manusia selalu beradaptasi dengan kebiasaan yang dilakukan. Temasuk memilih untuk tidak melakukan sarapan. Maka dari itu, jika seseorang sudah terbiasa tidak sarapan, cenderung tidak merasa lapar ketika pagi hari.

Padahal, melewatkan sarapan bukanlah hal yang baik bagi kesehatan. Jika memang kesulitan untuk sarapan, coba untuk makan sedikit roti untuk memulai hari. (bel/ono)