Ditinggal Keluar, Rumah Petani Bawang Terbakar

553

Probolinggo (wartabromo.com) – Musibah kebakaran rumah terjadi di Desa Sumber Kerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Selasa 15 September 2020 malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta.

Kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 19.30 WIB. Rumah yang terbakar diketahui milik pasangan suami istri (pasutri) Sulkan Amar (55) dan Hurrifah (45) warga Dusun Karmen Wetan, Desa Sumber Kerang.

“Sumber api dari dapur, kebetulan rumah sedang kosong. Pemiliknya keluar, suaminya ke sawah dan istrinya sedang belanja ke toko. Sebelum pergi ke toko, ia sempat memasak air dan lupa tidak dimatikan,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) setempat, Bunadi.

Sementara itu, menurut Salam, warga di sekitar kejadian, mulanya si jago merah terlihat dari belakang rumah. Saat itu, asap tebal keluar dari dapur rumah petani bawang itu.

Namun lama kelamaan, asap berubah jadi kobaran api sampai akhirnya mobil pemadam kebakaran (Damkar) datang dan melakukan pemadaman.

“Awal saya sampai itu hanya asap saja yang keluar, baru sekitar 30 menit berubah jadi api. Kondisi rumah memang sedang kosong, karena istri pemilik rumah lagi belanja untuk mengirim pekerja di sawahnya,” ungkap Salam.

Terpisah, Kapolsek Gending, AKP Ohim mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Hanya saja kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta. Saat ini polisi tengah melakukan olah TKP guna mencari penyebab pasti kejadian.

“Kebakaran berawal ketika istri pemilik rumah memasak air untuk membuat kopi pekerja di sawahnya, lalu ditinggal keluar karena terlalu panas kemudian meledak. Kebetulan di dapurnya ada bawang yang sedang dikeringkan sehingga api mudah menyebar,” jelasnya. (cho/ono)