Kendalikan Banjir di Kedungringin, Pemkab Bangun Dam

847
BIANG BANJIR: Selain normalisasi, Pemkab Pasuruan juga membangun dam untuk menangani banjir di Kedungringin. Foto: miftahul ulum.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan tercatat sebagai daerah langganan banjir. Termasuk, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji.

Untuk menanggulanginya, Pemkab Pasurun membangun dam sungai di wilayah desa setempat. Proyek pembangunan ini dikerjakan sejak 19 Juni – 16 Oktober 2020.

“Pembangunan di sungai kedungringin itu di bawah koordinasi Dinas PU dan Sumber Daya Alam kab. Pasuruan, dana berasal dari Dana bagi hasil,” kata Misbah, kepala Dinas PU SDA dan Tata Ruang Kab. Pasuruan.

Pembangunan ini meliputi pembuatan DAM dan rehab pondasi jembatan. Dari informasi yang dihimpun, total anggaran proyek ini mencapai Rp 377 Juta.

“Sudah ada pemberitahuan ke desa, dan insyaAllah yang mengerjakan adalah CV. Pratiwi” kata Kepala Desa Kedungringin, Rizki Wahyuni.

Dengan adanya pembangunan Dam di sungai kedungringin ini, diharapkan banjir di musim hujan ke depan tidak terjadi lagi. (trm/asd)