Trik Temukan Pekerjaan Ketika Pandemi

481

Pasuruan (Wartabromo.com) – Adanya wabah Covid-19 membuat para pekerja banyak yang di-PHK. Fresh graduate pun harus memutar otak untuk mendapatkan pekerjaan.

Lantas, bagaimana caranya supaya mendapat pekerjaan di tengah goncangan pandemi? Yuk simak tips berikut:

1. Lempar ‘jaring’ lebar

Mengutip kompas, ketika melamar pekerjaan, para pencari kerja harus melempar ‘jaring’ lebar. Artinya, para job seeker harus melamar sebanyak mungkin. Namun, tetap pastikan sesuai dengan keterampilan yang bolo miliki.

2. Pintar mencari celah

Biasanya banyak yang meminta bantuan orang lain yang sudah bekerja secara terang-terangan. Mulai sekarang, cobalah untuk mencari informasi tentang perusahaan yang akan dituju. Kumpulkan informasi terkait posisi apa yang tersedia, sesuai kemampuan.

Jika sudah, barulah ajukan pertanyaan spesifik saat menghubungi orang tersebut. Dengan begitu, orang akan sedikit merasa terbantu jika bolo membuatnya semudah mungkin.

3. Bergerak cepat dan jujur

Gercep (gerak cepat) memang satu hal yang wajib dilakukan. Terlebih, ketika menemukan lowongan yang sesuai kualifikasi diri.

Ketika mengetahui ada lowongan pekerjaan, usahakan segera melamar. Sebelum itu, pastikan CV dan sampel portofolio terbaru sudah disiapkan. Menunda sama halnya dengan kalah satu langkah dari lainnya.

4. Tunjukkan diri

Ketika memasuki tahap wawancara, itu merupakan kesempatan emas untuk unjuk gigi. Tunjukkan, bahwa bolo warmo layak untuk mengisi posisi lowong tersebut. Tak lupa, tunjukkan pula bolowarmo adalah orang yang disukai dan dicari oleh pewawancara.

Menjadi profesional tidaklah salah. Namun, tak ada salahnya menceritakan permainan favorit, hobi, ataupun lagu yang sering dinyanyikan. Pasalnya, terkadang yang dibutuhkan hanyalah sebuah senyum hangat atau komentar kecil tentang hobi yang benar-benar disukai. (bel/ono)