Perut Sering Kembung? Mungkin Ini Pemicunya

1025

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Perut kembung, bisa terjadi kapan saja. Alhasil, perut akan terasa tidak nyaman sepanjang hari.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan perut kembung? Begini ulasannya.

1. Makan terburu-buru

Mengutip detik, Caleb Backe, pakar kesehatan dan kebugaran, mengungkapkan, makan terburu-buru dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi. Kondisi tersebut kemudian mengirimkan sinyal ke otak, dan membuat merasa perut terasa kembung dan mual.

2. Sarapan karbohidrat tinggi

Menu sarapan sering disepelekan bagi sebagian orang. Padahal, menentukan menu sarapan itu penting lantaran sebagai asupan energi untuk beraktivitas seharian.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan yakni sarapan karbohidrat tinggi. Memilih karbohidrat tinggi untuk sarapan ternyata dapat membuat perut kembung sepanjang hari. Itu terjadi lantaran karbohidrat sulit dicerna ketika pagi hari.

Jadi, pastikan membatasi konsumsi karbohidrat ketika pagi hari. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein untuk mulai hari.

3. Tidak minum saat bangun tidur

Minum air putih sesaat setelah bangun tidur merupakan salah satu rekomendasi para ahli. Alasannya, baik untuk memperlancar pencernaan, serta mencegah kembung. Pasalnya, ketika pagi, sistem pencernaan berjalan cenderung lambat. Nah, adanya air putih yang dikonsumsi dapat membuat proses pencernaan lancar.

4. Makanan pemicu kembung

Tak semua makanan aman dikonsumsi. Seperti halnya kacang-kacangan, brokoli, kubis, kembang kol justru memicu kembung.

(bel/ono)